Minat siswa sekolah menengah pertama terhadap pembelajaran atletik

Maratona Sakti Utami, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eddy Purnomo, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pembelajaran pendidikan jasmani pada materi atletik dan belum diketahuinya minat siswa terhadap pembelajaran atletik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jenawi Kabupaten Karanganyar dalam mengikuti pembelajaran atletik. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII kecuali kelas VIII C karena dijadikan sebagai uji coba penelitian, dari 4 kelas dipilih 25 siswa dengan cara diundi, sehingga mendapatkan populasi sebanyak 100 siswa. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa SMP Negeri 2 Jenawi Kabupaten Karanganyar kelas VIII terhadap pembelajaran atletik adalah cukup. Dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada kategori sedang dengan persentase 83,00%. Persentase minat siswa SMP Negeri 2 Jenawi Kabupaten Karanganyar kelas VIII terhadap pembelajaran atletik yang berkategori sangat tinggi adalah 0,00%, tinggi 11,00%, sedang 83,00%, kurang 6,00% dan sangat kurang 0,00%.

 

Interest of students of class VIII junior high school on athletic learning

 

Abstract.

The background problem of this research because not maximal yet in physical education learning on athletic material and the students' interest in athletic learning was unknown yet. This research aimed to know the students’ interest in athletic learning at the eighth-grade students of SMP 2 Jenawi Karanganyar regency. This research was quantitative descriptive research. The method used in this research was survey method while the technique of collecting the data used questionnaire. The research subject was the whole of eighth-grade students except VIII C class because it was used as a research trial, from four classes was chosen 25 students randomly, it got a population of 100 students. The technique of analyzing the data used the frequency in the form of the percentage. The result of the research showed that students’ interest in athletic learning at the eighth-grade students of SMP Negeri 2 Jenawi Karanganyar regency was enough. With consideration of the most frequency was enough with the percentage 83%. The percentage of students’ interest in athletic learning at the eighth-grade students of SMP Negeri 2 Jenawi Karanganyar regency who had the highest category was 0,00%, high 11,00%, enough 83%, low 6,00% and the lowest was 0,00%.


Keywords


minat; pembelajaran atletik; pendidikan jasmani

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Manajemen penelitan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basri, J. (2018). Mutu dan kesejahteraan guru di Indonesi. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(1).

Djaali, H. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hari, S.D. (2007). Minat siswa SMK YPKK 2 Sleman kelas XI terhadap pembelajaran atletik. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Montessori, M. (2012). Pendidikan antikorupsi sebagai pendidikan karakter di sekolah. Jurnal Demokrasi, 11(1).

Murdiyanto, A. S. (2010). Penerapan pendekatan bermain untuk meningkatkan hasil belajar lompat jangkit pada siswa kelas xii ipa 3 SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Riduwan. (2009). Pengantar statistika sosial. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi (Rev.ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Soewito, N. (2011). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani. Yogyakarta: FIK UNY Yogyakarta.

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: policies, practices, and programs (Perspektif peningkatan mutu pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44-53.

Wibowo, M. G. A. (2017). Keadaan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar se-Gugus Sumberagung Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. PGSD Penjaskes, (3).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats