Upaya peningkatan pembelajaran lari sprint 100 meter menggunakan metode bagian pada siswa SMA

Trias Agung Hutama Putra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharuddin Nasution No. 113 Pekanbaru. 28284, Riau, Indonesia
M Fransazeli Makorohim, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharuddin Nasution No. 113 Pekanbaru. 28284, Riau, Indonesia
Novri Gazali, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharuddin Nasution No. 113 Pekanbaru. 28284, Riau, Indonesia

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu, tidak tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa pada materi lari jarak pendek. Hal ini dikarenakan metode yang diterapkan belum efektif sehingga pembelajaran tidak mencapai hasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran lari sprint 100 meter menggunakan metode. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh  siswa  kelas  X  IPA2   SMA  Negeri  6  Pekanbaru  dan  sampel  dalam penelitian ini adalah kelas X IPA2  SMA Negeri 6 Pekanbaru yang berjumlah 31 orang.  Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik kepustakaan dan tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan menggunakan statistic sederhana. Dari pelaksanaan sebelum siklus terdapat 16 siswa yang mencapai nilai KKM (51,61%) dan 15 siswa yang belum mencapai nilai KKM (48,39%). Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan hasilnya meningkat dengan jumlah 20 siswa yang mencapai KKM (64,52%) dan 11 siswa yang belum mencapai KKM (35,48%). Maka dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II dan hasilnya meningkat dengan jumlah 25 siswa yang mencapai KKM (80,65%) dan 6 siswa yang belum mencapai KKM (19,35%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pembelajaran lari sprint 100 meter menggunakan metode bagian pada siswa kelas X IPA2 SMA Negeri 6 Pekanbaru.

 

Efforts to Improve Learning in 100-meter Sprint Running Using Section Methods for High School Students

 

Abstract

The problem in this study is that there is no achievement of the minimum completeness criteria (KKM) of students on short distance running material. This is because the method applied has not been effective so that learning does not achieve maximum results. This study aims to determine the improvement of learning 100 meters sprint running using the method. The population in this study were all students of class X IPA2 SMA Negeri 6 Pekanbaru and the sample in this study was class X IPA2 SMA Negeri 6 Pekanbaru which amounted to 31 people. The sample selection technique in this study was random sampling. Data collection techniques in this study were carried out with observation techniques, library techniques and performance tests. Data were analyzed using simple statistics. From the pre-cycle implementation there were 16 students who achieved the KKM score (51.61%) and 15 students who had not achieved the KKM score (48.39%). Continued with the implementation of the first cycle and the results increased with the number of 20 students who reached the KKM (64.52%) and 11 students who had not reached the KKM (35.48%). Then proceed with the implementation of the second cycle and the results increased with the number of 25 students who reached KKM (80.65%) and 6 students who had not reached the KKM (19.35%). Thus it can be concluded that there is an increase in learning of 100 meters sprint using part methods in students of class X IPA2 State Senior High School 6 Pekanbaru.


Keywords


metode bagian; lari sprint 100 meter; part methods; sprint; high school students

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Aminudin. 2010. Atletik dan Tekniknya. Bogor: Quadra.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Reneka Cipta

Christianto, B. Ari. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Kiri Bola Basket

Melalui Metode Latihan Bagian (Studi Pada Siswa Kelas XI IPA I SMAN 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2012-2013). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 01, Nomor 02. 311 – 313.

Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas

Firdaus, Hidir. 2014. Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian (Part-Method) Dan Metode Pembelajaran Keseluruhan (Whole-Method) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Smash BolaVoli (Studi Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMA Negeri 1 Kamal). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 02, Nomor 02. 363 – 369.

Mulyadi, H. Fareira. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Lari 100 Meter Melalui Pendekatan Bermain. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Volume 13, Nomor 1, Januari-Juni. 44-59.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Nugroho, A. Agung. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Bagian (Part Method) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dribble Bola Basket (Studi Pada Peserta Didik Kelas X MIA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 06, Nomor 01. 107-114.

Paizaluddin & Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Sidik, Dikdik Zafar. 2010. Mengajar dan Melatih Atketik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjiono. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sumantri. 2017. Upaya Peningkatan Keterampilan Permainan Bola Voli Tentang Passing Bawah Melalui Penerapan Metode Bagian (Part Method) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 05 Tawangmangu Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal on Education and Research. Volume 2, Nomor 3.

Suryosubroto. B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Undang – Undang Republik Indonesia. 2005 Nomor 3. Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Usman, Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i2.24709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats