HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN MERGANGSAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Galih Dewanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Betrix Teofa Perkasa Wibafied Billy Yachsie, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ridho Gata Wijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor hambatan yang dihadapi guru penjasorkes dalam pelaksanaan pembelajaran renang di Sekolah Dasar se-Kecamatan Mergangsan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar se-Kecamatan Mergangsan Yogyakarta sebanyak 12 orang. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 12 orang ditentukan dengan mengambil seluruh subyek responden/total Sampling. Penelitian ini dari 40 butir soal yang valid dengan alternatif jawaban Sangat Setuju (ST), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS). Berdasarkan perhitungan uji reliabilitas diperoleh hasil 0,996. Hasil dihitung dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian mengenai hambatan pelaksanaan pembelajaran renang di Sekolah Dasar se-Kecamatan Mergangsan Yogyakarta Tahun 2019/2020 pada kategori Sangat Rendah sebesar 0,00%, kategori rendah 16,67%, kategori cukup sebesar 41,67%, kategori tinggi sebesar 33,33%, kategori Sangat tinggi sebesar 0,00%.


Keywords


Hambatan, Pembelajaran, Renang.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2021). Pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran renang gaya dada. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 1(1), 124–138.

Ahmada, R. F. A. R. F., & Sulthoni, S. (2021). Strategi Implementasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Kemandirian Belajar Anak Usia Dini Study Kasus di TK DWP Simpang Kabupaten Sidoarjo. Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan Dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, 1(1).

Ali, A., EQ, N. A., & Suhartini, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadudi Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 59–77.

Athariq, A. M., & Supriyono, S. (2021). Persepsi Guru Penjasorkes Terhadap Pembelajaran Renang dI SMP Negeri Kabupaten Purbalingga Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 46–58.

Bathgate, M. E., Aragón, O. R., Cavanagh, A. J., Frederick, J., & Graham, M. J. (2019). Supports: A key factor in faculty implementation of evidence-based teaching. CBE—Life Sciences Education, 18(2), ar22.

Denton, H., & Aranda, K. (2020). The wellbeing benefits of sea swimming. Is it time to revisit the sea cure? Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 12(5), 647–663.

Dini, J. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870–1882.

Guignard, B., Button, C., Davids, K., & Seifert, L. (2020). Education and transfer of water competencies: an ecological dynamics approach. European Physical Education Review, 26(4), 938–953.

Gupta, A., Alston, L., Needham, C., Robinson, E., Marshall, J., Boelsen-Robinson, T., Blake, M. R., Huggins, C. E., & Peeters, A. (2022). Factors Influencing Implementation, Sustainability and Scalability of Healthy Food Retail Interventions: A Systematic Review of Reviews. Nutrients, 14(2), 294.

Handiono, Y. P. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Dribble Bola Basket Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Trenggalek). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3).

Harun, H. (2022). Penerapan Metode Inkuiri pada Mata Pelajaran Penjasorkes untuk Meningkatkan Teknik Bermain Bola Tangan pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Marga Mulya Tahun Pelajaran 2019/2020. Anterior Jurnal, 22(Special-1), 47–55.

Hermawan, H. A., Utami, N. S., Purwandari, A., & Subagyo, S. (2022). The Barriers of PJOK Teachers in the Implementation of Swimming Learning at Elementary School Kulon Progo Regency. Conference on Interdisciplinary Approach in Sports in Conjunction with the 4th Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science (COIS-YISHPESS 2021), 337–342.

Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Penjas (Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Renang di MTs Sekecamatan Leles Kabupaten Garut). Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 103–110.

Huang, F. L., Reinke, W. M., Thompson, A., Herman, K. C., & Coalition, C. S. M. H. (2019). An investigation of the psychometric properties of the early identification system–student report. Journal of Psychoeducational Assessment, 37(4), 473–485.

Jaya, I. K. O. P., Yoda, I. K., & Swadesi, I. K. I. (2021). Survey Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Daring Tingkat SMP. JURNAL PENJAKORA, 8(2), 151–158.

Kovacs, T. (2022). Assessing Barriers to Graduate School Admission for Applicants From Underrepresented Populations in a Master’s Level Speech-Language Pathology Program. American Journal of Speech-Language Pathology, 1–19.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12.

Mala, M. N., Wirahayu, Y. A., & Yana, Y. (2019). Manajemen Penerapan Kurikulum (Bela Negara dan Kemaritiman) di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur.

Manderson, T., Higuera, J. C. G., Cheng, R., & Dudek, G. (2018). Vision-based autonomous underwater swimming in dense coral for combined collision avoidance and target selection. 2018 IEEE/RSJ International Conference on Intelligent Robots and Systems (IROS), 1885–1891.

Nugroho, A. (2021). Inovasi pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani berbasis higher order thinking skills di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 1(1), 113–123.

Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., & Laksono, P. (2020). Improving higher order thinking skills (hots) with project based learning (pjbl) model assisted by geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 12027.

Prima, S., Wright, E. P., Sharma, I. K., Syurina, E., & Broerse, J. E. W. (2022). Implementation and scale-up of nutrition-sensitive agriculture in low-and middle-income countries: a systematic review of what works, what doesn’t work and why. Global Food Security, 32, 100595.

Rahmiwati, A. (n.d.). Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh melalui Model CIPP. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rocha, H. A., Marinho, D. A., Garrido, N. D., De Sousa Morgado, L., & Costa, A. M. (2018). The acquisition of aquatic skills in preschool children: deep vs shallow water swimming lessons. Revista Motricidade, 14, 66–72.

Romulo, C. L., Kennedy, C. J., Gilmore, M. P., & Endress, B. A. (2022). Sustainable harvest training in a common pool resource setting in the Peruvian Amazon: Limitations and opportunities. Trees, Forests and People, 100185.

Rozak, R. A., Gani, R., & Fahrudin, F. (2022). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMP/MTs Se-Kecamatan Kotabaru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 95–103.

Seethamraju, R. R., Stone, K. P., & Shepherd, M. (2022). Factors Affecting Implementation of Simulation-Based Education After Faculty Training in a Low-Resource Setting. Simulation in Healthcare, 17(1), e113–e121.

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 64–73.

Suwarno, S., Pramono, T., & Susanto, D. (2021). Pemberdayaan Sendang Markinah di era wabah Covit 19 dalam upaya peningkatan kesejahteraan Masyarakat di Desa Plaosan, Wates Kabupaten Kediri Jawa Timur. Dinamika Hukum & Masyarakat, 3(1).

Tzani, D., Stavrakas, V., Santini, M., Thomas, S., Rosenow, J., & Flamos, A. (2022). Pioneering a performance-based future for energy efficiency: Lessons learnt from a comparative review analysis of pay-for-performance programmes. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 158, 112162.

Waluyo, R., Gustiawati, R., & Nurwansyah, R. (2021). Analisis Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Renang di Massa Pandemic Covid-19 Pada Siswa SMP IT AL-ISTIQOMAH. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 8–21.

Widiyatmoko, F. A. R. I., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj