MINAT PESERTA DIDIK KELAS ATAS DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM KETANGKASAN DI SD NEGERI 6 BENDUNGAN KULON PROGO

Wava Ramadhani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran senam ketangkasan di SD Negeri 6 Bendungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas atas SD Negeri 6 Bendungan Kulon Progo yang memiliki minat rendah terhadap senam ketangkasan dengan jumlah 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menyebabkan peserta didik memiliki minat yang rendah dalam mengikuti pembelajaran senam ketangkasan di SD Negeri 6 Bendungan disebabkan oleh 2 faktor yaitu: (1) Faktor intrinsik: kondisi fisik/bentuk tubuh peserta didik, kurang tertarik terhadap senam ketangkasan karena kurang mengasyikkan, peserta didik takut mengalami cidera. (2) Faktor eksternal: guru tidak mengajarkan tentang senam ketangkasan karena keterbatasan fisik, ada beberapa peserta didik yang beranggapan matras yang digunakan keras.

Kata kunci: minat, senam ketangkasan


Keywords


Minat, Senam Ketangkasan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 10

Arikunto, S. (2006). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Cetakan ke-4.

Bandung: Alfabeta.

Mahendra, A. (2004). Pemanduan bakat olahraga senam. Jakarta: Depdiknas.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya. Rosdiani, D. (2012). Model pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sabini, N. (2012). Psikologi pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukintaka. (2004). Teori pendidikan jasmani. Yogyakarta: Esa Grafika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj