Pendidikan jasmani sekolah dasar, implementasi karakter, ketrampilan abad 21.

Hendra Setyawan, PJKR FIK Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Sumbangan pendidikan jasmani terhadap perkembangan sikap dan karakter dapat diwujudkan dalam bentuk sikap kepatuhan terhadap peraturan dan norma yang bersifat positif. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang berisi aktivitas jasmani permainan dan olahraga, siswa harus patuh terhadap peraturan permainan. Adapun bagi atlet akan dapat mengontrol dorongan dan menundukkan keinginannya yang akan merugikan kelompoknya. Pendidikan jasmani dapat dijadikan sebagai laboratorium untuk pengembangan kualitas kognitif, mental dan sosial yang diinginkan, apabila siswa diberi banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam mengambil keputusan tentang tindakan yang dilakukan oleh tim. Kesimpulannya pendidikan jasmani yang diajarkan dengan baik, dapat memberikan sumbangan pada pembentukan sikap dan karakter yang merupakan perwujudan dari kebiasaan-kebiasaan berperilaku baik dalam keseharian yang meliputi watak terpuji, akhlak mulia, sikap mental dan budi pekerti yang luhur. Hal ini akan berimplikasi pada nilai-nilai utama karakter yang menjadi fokus dari kebijakan PPK yakni: religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas yang dibutuhkan bangsa Indonesia. Disisi lain perkembangan teknologi dan globalisasi yang sangat pesat dan terus berubah memberikan konsekuensi kepada para pendidik untuk meningkatkan profesionalisme pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bermuatan ketrampilan abad 21 yang memberikan kecakapan kepada peserta didik terkait 4C, yakni; communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creative and innovative. Dalam prakteknya, pembelajaran pendidikan jasmani bermuatan ketrampilan abad 21 dapat dilakukan dengan menerapkan pengetahuan dan menghubungkan materi pelajaran yang bersifat teoritis dan abstrak melalui contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian pembelajaran lebih kreatif, tidak monoton, membentuk karakter, dan terwujud pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik (student centered learning) yang mendukung terwujudnya kompetensi kecakapan hidup abad 21.


Keywords


pendidikan jasmani sekolah dasar, implementasi karakter, ketrampilan abad 21.

Full Text:

PDF

References


Allen, C. P., Telford, R. M., Telford, Richard, D., & Olive, L. S. (2019). Sport, Physical Activity And Physical Education Experiences: Associations With Functional Body Image In Children. Psychology of Sport and Exercise, 45(July), 101572. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2019.101572

Ariany, Y., Ardi, & Rahmi, Y. L. (2017). Problematika Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri Di Kecamatan Lima Kaum Tahun 2017/2018. Jurnal Biosains, 1, 306–314.

Bompa. (2009). Theory and methodology of training. Dubuque, lowa: Publishing Company.

Cholik,T. (2009). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Proyek Pengembangan Guru SD.

Corbin, C. B. (2020). Conceptual Physical Education: A course for the future. Journal of Sport and Health Science. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.10.004

Fernández-santín, M., & Feliu-torruella, M. (2020). Developing Critical Thinking In Early Childhood Through The Philosophy Of Reggio Emilia. Thinking Skills and Creativity, 37(April), 100686. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100686

Gabbard. (2007). Physical Education for Children: Building The Foundation, Texas, New Jersey: Prentice Hall Inc.

Fox. (2009). Physiological Basis of Physical Education and Athletics. Philadelphia: Saunders College Publishing.

Huang, M., Tu, H., Wang, W., Chen, J., Yu, Y., & Chou, C. (2017). Efects Of Cooperative Learning And Concept Mapping Intervention On Critical Thinking And Basketball Skills In Elementary School. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.01.002

Irianto, T. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Multilateral, 13(1), 58–61.

Iyakrus. (2014). Pembentukan Nilai-Nilai Sosial Pada Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(2), 106–111.

Knaus, M. C., Lechner, M., & Reimers, A. K. (2020). For Better Or Worse? – The Effects Of Physical Education On Child Development. Labour Economics,67(August).https://doi.org/10.1016/j.labeco.2020.101904

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Lestari, A. G., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2019). Identifikasi Kendala Pendidik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Se-Kabupaten Pringsewu Tahun. 7(2), 66–74.

Madeira, L., Saraiva, G., Túlio, M., França, A., Economics, D., Foundation, G., & Grande, R. (2019). SSM - Population Health A Gender Analysis Of The Impact Of Physical Education On The Mental Health Of Brazilian Schoolchildren. SSM - Population Health, 8(May), 100–419. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2019.100419

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Özgül Polat, E. A. (2020). The Effect of Mind Mapping on Young Children’s Critical Thinking Skills. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas.

Qian, M., & Clark, K. R. (2016). Computers In Human Behavior Game-Based Learning And 21st Century Skills : A Review Of Recent Research. Computers in Human Behavior, 63, 50–58. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.023

R. Luthan. (2004). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Seaton Don Cash. (2001). Physical Education Hand Books. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs

Seibert, S. A. (2020). Problem-Based Learning : A Strategy To Foster Generation Z ’ S Critical Thinking And Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002

Silberman, D., Carpenter, R., Takemoto, J. K., & Coyne, L. (2020). The Impact Of Team-Based Learning On The Critical Thinking Skills Of Pharmacy Students. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, (xxxx), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.09.008

Szpytma, C., & Szpytma, M. (2019). Model Of 21st Century Physical Learning Environment (Mople21). Thinking Skills and Creativity, 34(August), 100591. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100591

Tang, T., Vezzani, V., & Eriksson, V. (2020). Developing Critical Thinking, Collective Creativity Skills And Problem Solving Through Playful Design Jams. Thinking Skills and Creativity, 37(July), 100696. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100696

Teo, P. (2019). Teaching For The 21st Century: A Case For Dialogic Pedagogy. Learning, Culture and Social Interaction, 21(January), 170–178. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.03.009

Winarni, S. (2020). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Ditinjau Dari Usia Dan Jenis Sekolah. 16(1), 101–114. Retrievedfromhttps://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/29639/pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj