The knowledge level teacher of physical education to adaptive physical education at Inklus Elementary Schools in Jetis Subdistrict Yogyakarta Regency

Indah Rachmah Fitria, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pasca Tri Kaloka, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


This research aims to find out the level of knowledge of Physical Education teachers on Adaptive Physical Education in inclusive elementary schools located in Jetis District, Yogyakarta City. The research used the descriptive quantitative design with the survey method and used questionnaire as a means of data collection technique. The research subjects were the Physical Education teachers in Inclusive Elementary Schools located in Jetis, Yogyakarta with the total of 5 teachers. The data collection was using the true or false question items while the data analysis was assisted by Microsoft Excel and SPSS 25.0 program with the output in the form of percentages. The research results indicate that the level of knowledge of Physical Education teachers on adaptive Physical Education in Inclusive Elementary Schools in Jetis District, Yogyakarta City is in various levels as follows: in the very high level is at 0% (0 person), in the high level is at 40% (2 persons), in the medium level is at 20% (1 person), in the low level is at 40% (2 persons), and in the very low level is at 0% (0 person).


Tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap penjas adaptif di Sekolah Dasar Negeri Inklusi Se-Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta


Penelitian skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap penjas adaptif di sekolah dasar negeri inklusi se- kecamatan jetis kota yogyakarta. Penelitian skripsi ini menggunakan desain penelitian dengan deskriptif kuantitatif dengan memakai metode survey dan teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner(angket), Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa guru pendidikan jasmani yang berada di sekolah dasar negeri inklusi di kecamatan jetis kota yogyakarta yang berjumlah 5 guru pendidikan jasmani. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berbentuk beberapa soal dan memiliki alternatif jawaban benar salah, sedangkan untuk perhitungan data akhir menggunakan bantuan program Microsoft excel dan SPSS 25.0 dengan data presentase. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa diketahui tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap penjas adaptif di Sekolah Dasar Negeri Inklusi se- Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta yang masuk pada kategori sangat tinggi sebesar 0 % (0 orang), pada kategori tinggi sebesar 40 % (2 orang), pada kategori cukup sebesar 20 % (1 orang), kategori kurang sebesar 40% (2 orang) dan kategori sangat kurang sebesar 0 % (0 guru).


Keywords


knowledge, Physical Education teacher, adaptive Physical Education, inclusive

Full Text:

PDF

References


Ade, I & Iwang. (2010). Sekarang Aku Bisa: Panduan Pembelajaran Materi Pengurangan Risiko Bencana untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Dinas DIKPORA DIY.

Astuti, I. (2011). Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. Malang: Bayumedia Publishing.

Aziz. (2015). Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gava Media.

Budiman & Riyanto, A. (2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Dinas Pendidikan. (2019). Keputusan kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Nomor 188/1432, Tahun 2019, tentang Penetapan Sekolah Penyelenggar Pendidikan Inklusi (SPPI) Kota Yogyakarta

Husaini. (2011). Manajemen. Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Jalaluddin. (2013). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kemis dan Rosnawati, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Bandung: Luxima.

Komarudin. (2015). Peran guru pendidikan jasmani dalam sistem pembangunan dan pembinaan olahraga di indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1, 38.

Lorin W A & David R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mahfud, C. (2016). Pendidikan Multikultural.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.

------------------------. (2011). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan KhususJilid Kedua. Depok: LPSP3 UI.

Meimulyani, Y & Tiswara, A. (2013). Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Jakarta: Luxima.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rubsiyah. (2010). Tingkat Kesulitan Belajar Senam Lantai Roll Belakang Siswa Kelas Atas SDN Purwosari Purwodadi Purworejo. Skripsi: UNY.

Samsudin. (2010). Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Modul). Jakarta: Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Sumantri, S. (2015). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung. PT Refika Aditama.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suhartini, B. (2011). Merangsang motorik kasar anak tuna rungu kelas dasar sekolah luar biasa melalui permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 8, Nomor 2, 153.

Supriatna, E. & Wahyupurnomo, MA. (2015). Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN se-kota pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1, 66 – 67.

Susworo, A. (2010). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kompetisi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 7(2): 41-49.

Sari, Y. (2017).Tingkat Pengetahuan Guru Pendidikan Jasmani Tentang Penjas Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun 2016/2017.Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Sugihartono, dkk. (2013).Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers. Widyoko, Eko Putro. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiratsongko, B. (2016). Penyesuaian Diri Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Inklusi Pulutan Wetan II. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj