Pemetaan kompetensi guru PAUD dalam melakukan asesmen pembelajaran RA di Temanggung

Yenny Aulia Rachman, Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU)Temanggung, Indonesia
Malida Durrotul Chusnina, Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU)Temanggung
Nabila Alfiaturrohmah, Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU)Temanggung

Abstract


Asesmen dan pembelajaran merupakan satu siklus dimana asesmen memberikan informasi mengenai pembelajaran yang dirancang dan asesmen digunakan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran. Dalam praktiknya, beberapa guru PAUD bisa melakukan asesmen namun belum mampu dalam merumuskan informasi bermakna dari hasil asesmen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru RA dalam memahami asesmen dan mengetahui kondisi faktual dan aktual kompetensi asesmen pembelajaran guru RA dalam melaksanakan tugas pembelajaran setiap hari. Penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kabupaten Temanggung dengan subyek penelitian yaitu Guru RA sebanyak 48 pendidikan RA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket, diskusi terarah, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek perumusan tujuan asesmen sejumlah 66,20% dengan kategori cukup tinggi, aspek pemilihan dan pengembangan instrumen asesmen mendapatkan persentase 58,80% dengan kategori rendah, pelaksanaan asesmen dengan persentase 42% dengan kategori rendah, aspek pengolahan hasil asesmen sejumlah 45, 10% dengan kategori rendah, aspek pelaporan hasil penilaian sejumlah 73,34% dengan kategori cukup tinggi. Rendahnya beberapa aspek di atas dapat berakibat minimnya informasi yang valid tentang tumbuh kembang anak selama melakukan pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensi asesmen pembelajaran dengan mengikuti pelatihan, workshop, memperbanyak literasi, dan sebagainya.

Keywords


Assessment, early childhood, competencies, instruments

Full Text:

PDF

References


Azizah nurul fadlilah.2021. Hambatan pelaksanaan asesmen informal dalam pembelajaran paud. Jurnal paud: cakrawala dini vol. 12. No.1 mei 2021 | hal 62-72

Hermino, A. (2013). Asesmen kebutuhan organisasi persekolahan: Tinjauan perilaku organisasi menuju comprehensive multilevel planning. Gramedia Pustaka Utama.

Fatimaningrum. (2021). Needs assessment pengembangan model pelatihan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di tpa yoga santi yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 10 (2), 2021, 111-119

Melita Rahardjo, Sisilia Maryati (Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi).2021. Buku panduan guru pengembangan pembelajaran.jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ifat fatimah zahro.2015. Asesmen dalam pembelajaran anak usia dini. jurnal

Tunas Siliwangi Vol.1 | No.1 | Oktober2015

Lara Fridani. 2013. Evaluasi perkembangan anak usia dini. Banten : Universitas Terbuka

Moleong, L.J.. (2001). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Petrus Redy Partus Jaya. Pengolahan hasil asesmen pendidikan anak usia dini.

Ria Novianti. 2012. Asesmen perkembangan anak usia dini. Pekanbaru: UR Press.

Sri Nurhayati, M.Pd. dan Anita Rakhman, M.Pd. Studi kompetensi guru paud dalam melakukan asesmen pembelajaran dan perkembangan anak usia dini di kota cimahi.2017. Jurnal Volume 6, Edisi 2, Desember 2017.

Ria Novianti.(2017). Pemetaan kemampuan guru paud dalam melaksanakan asesmen perkembangan anak usia dini di kota pekanbaru. Jurnal SOROT Vol 8 No 1 April hal 1 – 104.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.60045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats