Pengarusutamaan moderasi beragama di lembaga pendidikan anak usia dini: Studi pada raudhatul athfal uin sunan kalijaga yogyakarta

Muh Nur Islam Nurdin, Magister manajemen pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
Muqowim Muqowim, Magister manajemen pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga

Abstract


Pengarusutaman Moderasi beragama merupakan suatu hal yang urgen ditengah masyarakat Indonesia yang plural. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan pengenalan dan penerapan Nilai moderasi beragama di Raudhatul Athfal UIN Sunan Kalijaga. Peneliti memilih RA UIN Sunan Kalijaga dikarenakan lembaga ini menjadikan agama sebagai basis utama. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tenaga pendidik RA UIN Sunan Kalijaga telah memahami tentang moderasi beragama dengan toleransi sebagai indikator utama. Bentuk pengenalan dan penanaman nilai moderasi beragama diantaranya nilai toleransi dalam bentuk tema pembelajaran “Aku ciptan Allah”, nilai kebangsaan dalam bentuk kegiatan upacara sekolah dan perayaan hari besar nasional, nilai anti kekerasan dalam bentuk melibatkan anak dalam pembuatan aturan ketertiban kelas dan nilai kebudayaan lokal dalam bentuk ekstrakurikuler tari dan hari Jum’at berbahasa jawa. Pengenalan dan penanaman dilakukan dengan menggunakan metode bercerita serta metode keteladanan dan pembiasaan, yang didukung dengan media gambar dan media boneka tangan.

Keywords


Moderasi Beragama, Pendidikan karakter, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A. (2019). Upaya meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral melalui metode keteladanan pada anak usia ini. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).

Agama, K. (2019). Moderasi beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Al Faruq, U., & Noviani, D. (2021). Pendidikan moderasi beragama sebagai perisai radikalisme di lembaga pendidikan. Jurnal TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), Art. 1.

Alwi, Z. (2022). Pengarusutamaan moderasi beragama sebagai pilar kenabian muhammad SAW dalam meneguhkan nilai-nilai kebangsaan dan keindonesiaan. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Hadis pada Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi metode bercerita dan harga diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi, 3(2), 404–415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Cahyaningrum, E. S., Cholimah, N., & Christianti, M. (2014). Pelatihan pengenalan karakter untuk anak usia dini melalui cerita rakyat budaya lokal bagi pendidik paud non formal tpa/kb/ps se-kecamatan sleman. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2881

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Darmawan, O. (2016). Penanaman budaya anti kekerasan sejak dini pada pendidikan anak melalui kearifan lokal permainan tradisional (instill anti-violence culture at early stage f children education through local wisdom of traditional games). Jurnal HAM, 7(2), Art. 2. https://doi.org/10.30641/ham.2016.7.111-124

Fitriyani, A., Suryadi, K., & Syam, S. (2015). Peran keluarga dalam mengembangkan nilai budaya Sunda. Sosieta, 5(2).

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Grasindo.

Hadziq, A. (2018). Pendidikan anti kekerasan berwawasan lingkungan. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(1), 55–71.

Harahap, S. (2018). Konflik etnis dan agama di indonesia. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 1(2), 1–19.

Haris, S. A., Muqowim, M., & Radjasa, R. (2020). The contextualization of sayyid idrus bin salim al-jufri’s thoughts on religious oderation. 9(2).

Hasan, M. (2021). Prinsip moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 110–123.

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter anak usia dini di paud nurul ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), Art. 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688

Khaliq, A., Barsihanor, B., & Arifa, T. R. (2020). Pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak siswa kelas 1 di sdit robbani banjarbaru. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 95–102. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2883

Kompas. (2022). Konflik sampit: Latar belakang, konflik, dan penyelesaian.

Lumbin, N. F., Yakob, R., Daud, N., Yusuf, R., Rianti, R., & Ardini, P. (2022). Permainan tradisional gorontalo ponti dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), Art. 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.41219

Muchlis, M., & Natsir, R. A. (2020). Penanaman nilai nasionalisme pada upacara apel bendera. Jupke, 5(1), 20–24.

Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan media gambar berupa buku saku fisika smp okok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1583

Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya di sekolah. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 2(1), 1–9.

Nurhayati, N., Agusniatih, A., Amrullah, A., & Suwika, I. P. (2021). Pengenalan huruf hijaiyyah melalui media kartu gambar pada anak. Jurnal Obsesi, 6(3), 2183–2191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di indonesia.Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Pratiwi, D., Abdurrahmansyah, A., & Sukirman, S. (1970). Penerapan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan bercerita santri. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(3), 328–350. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3457

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran mitigasi bencana alam gempa bumi untuk anak usia dini melalui buku bacaan bergambar. Jurnal Obsesi, 5(1), 36–50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat Sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160.

Rohman, A. (2016). Pembiasaan sebagai basis penanaman nilai-nilai akhlak remaja. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 155–178.

Sadikin, A. (2019). Penanaman nilai-nilai kebangsaan pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sapen Yogyakarta. Jurnal Serambi Akademica, 7(1), 1–8.

Salamah, U., Hariyani, I. T., & Fitri, N. D. (2021). Meningkatkan keterampilan berbicara elalui metode bercerita dengan media boneka kaus kaki. Jurnal Kajian Anak, 2(02), 60–75. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.817.

Sarjiyani, S. (2020). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), Art. 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31404

Setiani, R. E. (2016). Pendidikan anti kekerasan untuk anak usia dini: Konsepsi dan implementasinya. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2).

Shaleh, M., & Fadhilah, M. N. (2022). Penerapan moderasi beragama pada lembaga PAUD di sulawesi tenggara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), Art. 6. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2903

SIREGAR, E. (2016). Penanaman nilai-nilai kebangsaan pada siswa sekolah dasar di Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 1(1), 47–47.

Sitompul, H. (2016). Metode keteladanan dan pembiasaan dalam penanaman nilai-nilai dan pembentukan sikap pada anak. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 4(1).

SP, J. I. (2016). Penanaman nilai-nilai karakter melalui implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmana, H., Ana, A., & Widiaty, I. (2021). Pengembangan media edukasi boneka tangan sebagai stimulasi moral pada anak usia dini. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(1), Art. 1.

Sumayana, Y., Sutarman, S., & Ningsih, D. R. (2021). Pengaruh media boneka tangan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi keberagaman ekonomi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 260–264. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.917.

Suryadilaga, M. A. (2021). Mengajarkan rasa toleransi beragama pada anak usia dini dalam perspektif hadits. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 110–118.

Sutrisno, E. (2019a). Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348

Sutrisno, E. (2019b). Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), Art. 2. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Suyanto, S. (2012). Pendidikan karakter untuk anak usia ini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898..

Syafri, F. (2020). Pentingnya pendidikan anti kekerasan bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.37216/aura.v1i1.261

Widiyono, S. (2019). Pengembangan nasionalisme generasi muda di era globalisasi. Populika, 7(1), Art. 1. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24.

Yasbiati, Y., Mulyana, E. H., Rahman, T., & Qonita, Q. (2019). Profil kejujuran anak usia 5-6 tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), Art. 2. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591.

Yuliana, Y., Lusiana, F., Ramadhanyaty, D., Rahmawati, A., & Anwar, R. N. (2022). Penguatan moderasi beragama pada anak usia dini sebagai upaya pencegahan radikalisme di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), Art. 4. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572.

Zain, A. (2020). Strategi penanaman toleransi beragama anak usia ini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 97–111.

Zubaidah, E. (2013). Pemilihan nilai karakter dalam cerita anak dan teknik penceritaannya. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3041.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.56291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats