Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pop Up pada Pendidik PAUD

Nur Hayati, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muthmainah Muthmainah, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rina Wulandari, Department of Early Childhood Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran di PAUD harus menarik dan dapat menstimulasi semua aspek perkembangan anak, salah satunya yaitu media pop up. Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menuntut pendidik PAUD lebih kreatif membuat media pembelajaran. Hasil observasi di awal pandemi menunjukkan masih banyak pendidik yang belum terampil mengembangkan media pop up yang disampaikan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pendidikan PAUD mengembangkan media pop up tiga dimensi yang kemudian melatih mengunggah media pebelajaran secara online di YouTube. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan yang mengacu pada Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam satu siklus karena kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan mengadakan pertemuan dengan jumlah peserta banyak lebih dari sekali. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, pengambilan data dilakukan dengan metode observasi yang dilakukan sebelum tindakan, ketika tindakan dan setelah tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan tindakan, subjek mengalami peningkatan pada penguasaan materi yang diberikan yaitu pemahaman tentang media pembelajaran, pembuatan media pop up dan pengelolaan media pembelajaran secara online. Sejumlah 95% subjek penelitian mampu membuat media pop up yang di upload di YouTube. Temuan baru yang diperoleh dari penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan guru dalam mengelola media pembelajaran dalam bentuk tiga dimensi yang diunggah ke YouTube. Keterampilan ini menjadi terobosan baru bagi guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran jarak jauh di era pandemi.

Keywords


keterampilan; media pop up; pendidik PAUD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.49063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats