Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas

Irhamna Irhamna, UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
Sigit Purnama, , Indonesia

Abstract


Pendidikan karakter sangat penting bagi anak karena membentuk anak menjadi pribadi yang lebih baik. Pembentukan karakter anak dipengaruhi oleh faktor  keluarga, masyarakat, dan sekolah. Sekolah merupakan salah satu tempat pembentukan karakter bagi anak. Hal ini disebabkan anak banyak menghabiskan waktunya bersama guru, teman sebaya, maupun orang dewasa lainnya yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran lingkungan sekolah dalam membentuk karakter pada anak di PAUD Nurul Ikhlas. Penelitian ini menggunakan metode penelitiani deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data mengunakan model Miles dan Huberman. Model ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter pada anak usia dini di PAUD Nurul Ikhlas dengan cara menegakkan kedisiplinan pada anak, guru terlibat penuh dalam membangun karakter, menjadi contoh yang baik atau teladan bagi anak, menumbuhkan nilai-nilai keutamaan pada diri anak, dan membentuk stategi pembelajaran yang aktif dan menarik.

Keywords


lingkungan sekolah; karakter; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). The effect of parenting style and genetic personality on children character development. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 206–218. https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151.

Badu, R. (2019). Family as the key of children character building. Internasional Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(5), 337–340.

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan belajar siswa di madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01), 39. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/pjp.v1i1.14.

Dea, L. F., Anwar, M. S., Choirudin, C., Yusuf, M., & Wahyudi, A. (2020). Building early childhood character through kh. Wahid hasyim education model at ra ma’arif metro. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.62-02.

Dewey, J. (2004). Experience and education berbasis pengalaman (terjemahan). Bandung: Teraju.

Doni, K. A. (2007). Pendidikan karakter: Mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29, 369–387. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602.

Gunadi, R. A. A. (2013). Membentuk karakter melalui pendidikan moral pada anak usia dini di sekolah Raudhatul Athfal (R.A) Habibillah. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(2), 85–91. Retrieved from https://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/133.

Hasanah, U., Deiniatur, M., & Training, T. (2018). Character education in early childhood based on family. Early Childhood Research Journal, 1(1), 50–62. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ecrj.v2i1.6578.

Hoare, E., Bott, D., & Robinson, J. (2017). Learn it, Live it, Teach it, Embed it: Implementing a whole school approach to foster positive mental health and wellbeing through Positive Education. International Journal of Wellbeing, 7(3), 56–71. https://doi.org/10.5502/ijw.v7i3.645.

Jurumiah, A. H., & Saruji, H. (2020). Sekolah sebagai intstrumen konstruksi sosial di masyarakat (School as a social construction instrument in the community). ISTIQRA’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 1–9. Retrieved from http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/492.

Kaimuddin, K. (2018). Pembentukan karakter anak melalui lembaga pendidikan informal. Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(1), 132–152. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i1.549.

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Supporting and inhibiting factors of character education in learning social studies at primary schools. Jurnal Etika Demokrasi, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.26618/jed.v5i1.2966.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2012). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak. Junal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 59–74. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261.

Kuswati, D. (2019). Peran guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini di ra diponegoro 213 karanggude kecamatan karanglewas kabupaten banyumas (Institus Agam Islam Negeri Purwokerto). Institus Agam Islam Negeri Purwokerto. Retrieved from http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5167/.

Marini, A. (2018). Implementasi pembentukan karakter di sekolah dasar: Kasus Indonesia. Prosiding Konferensi Internasional Universitas Dan Budaya Intelektual, 60–71.

Maryatun, I. B. (2016). Peran pendidik paud dalam membangun karakter anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expand sourcebook (2nd.ed). New York: Sage Publitions Ltd.

Nabilah, I., Khoiriah, I., & Suyadi, S. (2019). Analisis perkembangan nilai agama-moral siswa usia dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 192–203. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5184.

Oktavia, A. (2020). Membangun karakter anak usia dini berbasis budaya sekolah usia 5-6 tahun di raudhatul athfal darussalam natar (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/12203/.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

Pidarta, M. (2009). Wawasan pendidikan: Mencapai tujuan pendidikan nasional, pengembangan afeksi, dan budaya Pancasila, mengurangi lulusan menganggur. Surabaya: SIC.

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Junal Obsesi, 2(1), 15. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2.

Prasetyo, N. (2011). Membangun karakter anak usia dini. Kemendiknas.

Prince, M. (2004). Does active learning work? A review of the research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223–231. https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2004.tb00809.x

Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran role playing materi bola basket terhadap pembentukan karakter siswa kelas viii smp negeri 2 ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005.

Rahayuningsih, S., & Sholikhan. (2016). Disciplinary character education at early age. IOSR Journal of Research & Method in Education, 6(5), 42–49. https://doi.org/10.9790/7388-0605024249.

Ritonga, R. A., & Sutapa, P. (2020). Literasi dan gender: Kesenjangan yang terjadi di tingkat pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 965–974. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.749.

Saihu, & Rohman, B. (2019). Pembentukan karakter melalui model pendidikan transformative learning pada santri di pondok pesantren nurul ikhlas bali. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 435–452. Retrieved from http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/477.

Saleh, M. (2012). Peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter anak usia dini di paud se-kecamatan limboto. Junal Ilmu Pendidikan, 3(4), 65–699. Retrieved from https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/170/peran-guru-dalam-menanamkan-pendidikan-karakter-anak-usia-dini-di-paud-se-kecamatan-limboto.html.

Sanusi, U. (2013). Pembelajaran dengan pendekatan humanistik (Penelitian pada mts negeri model cigugur kuningan). Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 11(2), 123–142. Retrieved from www.PendidikanNetwork.co.

Septiarti, S. W. (2012). Peran pendidikan dan sekolah dalam pendidikan karakter anak. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Dan Sekolah, 1–8.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc.

Yati, R. (2015). Guru efektif dalam perspektif psikologi pendidikan. Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perpektif Psikologi Pendidikan, 1–9. Retrieved from https://osf.io/a3c6e/download.

Zayapragassarazan, & Kumar, S. (2012). Active learning methods. NTTC Bulletin, 19(1), 3–5. Retrieved from https://eric.ed.gov/?q=ED538497&ft=on&id=ED538497




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats