Permainan Tradisional Gorontalo Ponti dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia 5-6 tahun

Nur Fauziah Lumbin, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Ratih Yakob, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Nirmala Daud, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Rahmawati Yusuf, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Rianti Rianti, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Puspa Ardini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi atas adanya tingkat kecanduan terhadap permainan modern pada anak sangat tinggi sehingga berpengaruh pada kebiasaan dan perilaku anak. Dampak yang terjadi pada anak ketika kecanduan bermain games diantaranya menurunnya nilai karakter yang terbangun pada diri anak karena belum sepenuhnya menyerap informasi dengan baik. Oleh karena itu penting sekali membangun kembali permainan tradisional pada anak untuk menumbuhkan karakter sedini mungkin. Penelitian ini digunakan untuk membangun kembali permainan tradisional di kota Gorontalo berupa permainan Ponti dalam menumbuhkan karakter anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian etnografi dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data dianalisis dan dan dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dari uji coba permainan Ponti yang dimainkan oleh dua atau lebih anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional Gorontalo berupa ponti dapat menumbuhkan karakter anak seperti adanya nilai kebersamaan, nilai sosial, nilai kedisplinan, nilai ketangkasan.


Keywords


permainan tradisional; ponti; karakter; anak

Full Text:

PDF

References


Adi, B. S., Sudaryanti, & Mutmainnah. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39.

Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain dan permainan anak usia dini (Sebuah kajian teori dan praktik. Kediri: Adjie Media Nusantara.

Elindawati, R. (2019). Dampak game online bagi pendidikan anak. Al-Wardah, 13(2), 281. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v13i2.217.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui kegiatan kerja kelompok pada anak kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29–45. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47.

Hapidin, & Yenina. (2016). Pengembangan model permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212.

Husain, R. I., & Walangadi, H. (2020). Permainan awuta, ponti dan kainje dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.839.

Iskandar. (2008). Metodologi penelitian pen-didikan dan sosial. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini.

Koentjaraningrat. (1998). Pengantar Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurnia, R. (2012). Konsepsi bermain dalam menumbuhkan kreativitas pada anak usia dini. Educhild, 1(1), 77–85.

Lee, T. D., Swinnen, S. P., & Serrien, D. J. (1994). Cognitive effort and motor learning. Quest, 46(3), 328–344. https://doi.org/10.1080/00336297.1994.10484130.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Misbach, I. H. (2006). Peran permainan tradisional yang bermuatan edukatif dalam menyumbang pembentukan karakter dan identitas bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–24.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nadjamuddin, A. (2016). Membangun karakter anak lewat permainan radisional daerah orontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 74–79. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/441.

Nur, H. (2013). Membangun karakter anak melalui permainan anak tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 87–94.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia ini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan teman sebaya dan ermainan radisional pada keterampilan sosial dan emosional anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa. Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Spradley, J. (1979). The etnographic interview. New York: Harcourt Brace Javanovich College Publishers.

Wijayanti, R. (2018). Permainan tradisional sebagai media pengembangan kemampuan sosial anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.41219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats