Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini

Fathor Rozi, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Indonesia
Ahmad Zubaidi, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Masykuroh Masykuroh, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi kepala sekolah dalam  menerapkan program perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Tempat penelitian ini dilakukan di Raudhatul Athfal Umi Sundari, Kraksaan, Probolinggo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam menerapkan program perilaku hidup bersih dan sehat bahwa; pertama, usaha kepala sekolah dengan cara melakukan tahap analisis situasi, memahami nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat, memenuhi indikator program, dan melakukan evaluasi jangka pendek dan panjang. Kedua, peran kepala sekolah dengan cara menerapkan kebijakan yang inovatif dan peran kepala sekolah sebagai motivator. Ketiga, faktor pendukung yaitu antusias dari guru dan stakeholder yang ada dan faktor penghambat yaitu karakter anak usia dini yang masih anak-anak. Implikasi dari penerapan strategi kepala sekolah tersebut bisa menjaga peserta didik dari berbagai penyakit dan semacamnya.

Keywords


Strategi Kepala Sekolah, Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abidah, Y. N., & Huda, A. (2018). Pelaksanaan program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah luar biasa. Jurnal Ortopedagogia, 4(2), 87–93. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p087

Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Anhusadar, L., & Islamiyah. (2020). Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini di tengah pandemi covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463–475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555

Ardiyanto, A., Purnamasari, V., Sukamto, S., & Setianingsih, E. (2020). Analisis perilaku hidup bersih dan status kebugaran jasmani di era pandemi covid-19 dosen PGSD. Jendela Olahraga, 5(2), 131–140. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/view/6216

Aulina, C. N., & Yuli, A. (2019). Aksiologiya : Jurnal pengabdian kepada masyarakat peningkatan kesehatan anak usia dini dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di TK Kecamatan Candi Sidoarjo. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50–58.

Ayu, S. M., Kurniawan, A., Ahsan, A. Y., & Anam, A. K. (2018). Peningkatan kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini di Desa Hargomulyo Gedangsari Gunung Kidul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.43.

Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. (2014). Pelaksanaan program perilaku hidup bersih dan sehat

(PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 46–51.

Fatmawati, I. (2012). Study of clean and healthy life behavior of elementary. Proceeding 3rd International Nursing Conference, 104–110.

Firmansyah, E. A., & Wardhana. (2016). Penguatan manajemen lembaga pendidikan anak usia dini (paud) di Desa Garawangi dan Desa Rancaputat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Jurnal Penelitian, 10(2), 253–270.

Gani, H. A., Istiaji, E., & Pratiwi, P. E. (2016). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada tatanan rumah tangga masyarakat using. Jurnal IKESMA, 11(1), 25–35. https://www.neliti.com/publications/31847/perilaku-hidup-besih-dan-sehat-dalam-rumah-tangga-phbs-pada-masyarakat-desa-gunu

Jauhari. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di masa pandemi covid 19. Jurnal Buah Hati, 7(2), 169–181.

Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 11–17.

Kusumawardani, R. R. W. A., & Kuswanto, K. (2020). Membangun kesadaran lingkungan melalui ekopedagogik pada anak usia dini berlandaskan konsep Jan Ligthart. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 94–99. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31997

Mansur, N., Nuryadin, S., & Siswono, E. (2015). Healthy and clean living behavior reviewed from the neuroticism perspective and environmental knowledge. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 5(1), 41–55. https://doi.org/10.21009/jgg.051.04

Mardhiati, R. (2019). Guru paud: pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak usia dini. Ikra-Ith Abdimas, 2(3), 133–141.

Maulidia, A., & Hanifah, U. (2020). Peran edukasi orang tua terhadap PHBS AUD selama masa pandemi covid-19. Musamus Journal Of Primari, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3078

Muin Herlina, Lisnawati, A. M. (2018). Peran puskesmas dalam program perilaku hidup bersih dan sehat tatanan rumah tangga di Kelurahan Padaidi Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Kesehatan Lingkungan, 1(1), 42–52.

Mustajab, Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2021). Manajemen pembelajaran melalui pendekatan bcct dalam meningkatkan multiple intelligences anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381.

Pamungkas, J., Syamsudin, A., & Maryatun, I. B. (2019). Kurikulum paud, gamelan, dan wayang orang: refleksi kebermaknaan jurusan paud bagi masyarakat Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 91–98. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28581

Putri, R. M., Rosdiana, Y., & Nisa, A. C. (2019). Application of clean and healthy living behavior (phbs) from the household knowledge and attitude study. Journal Of Nursing Practice, 3(1), 39–49. https://doi.org/10.30994/jnp.v3i1.64

Rahmawati, M. C., & Dewi, N. D. L. (2019). Penanaman perilaku hidup bersih dan sehat di PAUD Atmabrata, Cilincing, Jakarta. Jurnal Mitra, 3(1), 41–49.

Ratnasari, N. Y. (2017). Clean and healthy life behavior in Ngadirojo , Wonogiri Regency. Proceeding International Seminar of Occupational Health and Medical Sciences (I-Socmed) : Traveler and International Worker Disease Update, 74–78.

Sudaryanti, Pamungkas, J., & Syamsudin, A. (2020). Evaluasi pembelajaran tata nilai budaya Yogyakarta di taman kanak-kanak se-kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 79–85.

Sukismanto, & Fitriana, L. B. (2019). Peningkatan peran serta dan dukungan guru melalui pelatihan tentang phbs sebagai salah satu strategi keberhasilan pelaksanaan UKS PAUD di PAUD Wilayah Desa Wedomartani Sleman Yogyakarta. Dharma Bakti, 2(1), 12–19.

Suryani, D., Maretalinia, Suyitno, Yuliansyah, E., Damayanti, R., Yulianto, A., & Rini Oktina, B. (2020). The clean and healthy life behavior (PHBS) among elementary school student in East Kuripan, West Nusa Tenggara Province. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(01), 10–22. https://doi.org/10.26553/jikm.2020.11.1.10-22

Suyadi & Maulidya. (2013). Konsep dasar paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

SyahAswadirir, S., Delastara, V., & Surahmawati. (2017). Perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) pada siswa siswi SD Rita pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Public Health Science Journal, 9(2), 187–196.

Tabi’in, A. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) pada anak usia dini sebagai upaya pencegahan covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58–73. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620

Tanu, I. K. (2019). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960

Yasbiati, Mulyana, E. H., Rahman, T., & Qonita. (2019). Profil kejujuran anak usia 5-6 tahun di Ra-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 99–106. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.39788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats