Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat

Arifah Prima Satrianingrum, Yogyakarta State University
Farida Agus Setiawati, Universitas Negeri Yogyakarta
Puji Yanti Fauziah,

Abstract


       Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi yang dilakukan secara massal merupakan hal baru yang dilaksanakan di pembelajaran anak usia dini. Artikel ini memberikan pandangan mengenai berbagai metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran pada anak usia dini. Ulasan metode dalam pembelajaran jarak jauh merupakan sebuah hal yang menarik, karena metode yang digunakan tidak seperti metode pembelajaran saat tatap muka. Penulisan artikel menggunakan kajian literatur. Hasil yang ditemukan ada berbagai metode yang diaplikasikan, seperti menggunakan video, gambar, audio, konferensi, teks biasa, pemberian tugas, memberikan umpan balik, kegiatan kolaboratif, tayangan melalui TVRI, platform online, bernyanyi, learning by project, dan media sosial.


Keywords


anak usia dini, kemampuan bahasa Inggris, media permainan ular tangga

Full Text:

PDF

References


Alexander, P. A., Schallert, D. L., & Reynolds, R. E. (2009). What is learning anyway? A topographical perspective considered. Journal of Educational Psychologist, 44 (3), 176-192. doi: http://dx.doi.org/10.1080/00461520903029006.

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal kendala guru PAUD dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19 dan implikasinya. Jurnal Obsesi, 5 (1), 334 – 345. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.598.

Andini, Y. T., & Widayanti, M. D. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di TK Bias Yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna, 4 (2), 206 – 217.

Anitah, W. S. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Banten, ID: Universitas Terbuka.

Ariyani, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8 (1), 50-58.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11 (2), 13-25. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.

Avgerinou, M. D., & Morros, S. E. (2020). The 5-phase process as a balancing act during times of disruption: Transitioning to virtual teaching at an international JK-5 school. Proceeding: Teaching, Technology, and Teacher Education during the Covid-19 Pandemic, 583-594.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan guru TK menghadapi pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi, 5 (1), 414-421. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (1999). How people learn: Brain, mind, experience, and school. Washington, DC: National Academy Press.

Brasilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5 (4), 1-9. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.29333/pr/7937.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. Broadway, NY: Longman Inc.

Chen, R. T. H. (2010). Knowledge and knowers in online learning: Investigating the effects Of online flexible learning on student sojourners. (Doctoral Dissertation). University Of Wollongong, NSW, Australia, Retrieved https://ro.uow.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=4099&context=theses.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta, ID: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No. 146 Tahun 2014. Jakarta, ID: Depdiknas.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta, ID: PT. Rineka Cipta.

Dong, C., Cao, S., & Li. H. (2020). Young children’s online learning during covid-19 pandemic: Chinese parents beliefs and attitude. Children and Youth Service Review, 1-9. Doi: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Epstein, S. (2001). The rationality debate from the perspective of cognitive experiential self-theory. Behaviorial and Brain Science, 23, 671-673.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi belajar mengajar. Bandung, ID: PT. Refika Aditama.

Foti, P. (2020). Research in distance learning in Greek kindergarten schools during the pandemic of covid-19: possibilities, dilemmas, limitations. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5 (1), 19 – 41.https:// doi: 10.5281/zenodo.3839063

Gagne, N. L. (1991). The obviousness of social and educational reserach results. Educational Researcher, 20 (1), 10-16.

Hariyati, R. T. S. (2006). Pemanfaatan proses pembelajaran berbasis teknologi sebagai upaya peningkatan pengetahuan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10 (1), 30-35.

Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman komunikasi siswa melakukan kelas online selama pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3 (2), 172 – 182. DOI: 0.32534/jike.v3i2.1017.

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode pembelajaran melalui whatsapp grup sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Jurnal PAUDIA, 9 (1), 126 – 130. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6107

Khurana, C. (2016). Exploring the role of multimedia in enhancing social presence in an asynchronous online course. (Doctoral Dissertation). The State University of New Jersey, Rutgers, U.S, Retrieved from https://search-proquest-com.simsrad.net.ocs.

Kim, J. (2020). Learning and teaching online during COVID-19: Experience of students teachers in an early childhood education praticum. International Journal of Early Childhood, 52, 1-14. Doi: https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak . Jurnal Pendidikan Anak, 8(1). 84-90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777

Menteri Pendidikan dan Budaya. (2020). Surat edaran Mendikbud: Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Diseases (COVID-19).

Maulana, R. E., Kurniati, E., & Yulindrasari, H. (2020). Apa yang menyebabkan rendahnya keberadaan guru laki-laki di PAUD?. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 15 (1), 23-32. doi: doi.org/10.21009/JIV.1501.3.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11 (1), 9-17.

Nuraini, N. L. S., Qihua, S., Venatius, A. S., Slamet, T. I., & Cholifah, P. S. (2020). Distance learning strategy in COVID-19 pandemic for primay school. Proceeding: International Webinar Series – Educational Revolution in Post Covid Era, 107-117.

Nurdin., & Anhusadar, L. O. (2020). Efektivitas pembelajaran online pendidik PAUD di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi, 5 (1), 686-697. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.699.

O’Keeffe, C., & McNally, S. (2020, August 6). Perspective of early childhood teacher in Irlands on the role play during the pandemic. PsyArXiv. DOI: https://doi.org/10.31234/osf.io/q74e9.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) di masa pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2 (2), 115-124.https://doi: 10.35473/ijec.v2i2.557.

Purwanto, NA. (2017). Kepala sekolah sebagai leader pada lembaga pendidikan anak usia dini di kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Anak, 7 (1). 76-80. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.26328

Pupuh, F., & Sobry, M. S. (2010). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan Konsep Islami. Bandung, ID: Refika Aditama.

Qadafi, M. (2021). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak di Sangkhom Islam Wittaya School saat pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 422-430. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.591.

Rasmitadila., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. N. (2020). The perception of primary schools teacher of online learning during the covid-19 pandemic period: a case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7 (2), 90-109. Doi: http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/388.

Sa’ida, N., & Kurniawati, T. (2020). Introduction of early childhood mathematics thorugh online learning (e-learning) during the covid-19 pandemic period. Proceeding: International Webinar On Education 2020, 272-280.

Sarjiyani. (2020). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 70-78. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31404.

Satrianingrum, A. P., Yulsyofriend., & Ismet, S. (2020). Metode pengenalan bahasa Inggris di Pioneer Montessori School Padang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2 (4), 101-111.

Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan guru PAUD Kabupaten Ponorogo dalam memberikan penguatan selama pandemi Covid-19. Journal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4 (1), 100-111.

Winarti, A. (2020). Implementasi parenting pada pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2 (2), 131 – 146.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats