Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain

Lina Dani Lestari, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstract


Masalah yang dihadapi anak tidak sama dengan masalah yang dihadapi orang dewasa, tetapi anak harus memiliki kemampuan problem solving yang bisa membantu mereka mengatasi masalah tersebut dengan baik, sehingga kemampuan tersebut akan terus berkembang, salah satunya dalam kemampuan kognitif. Anak usia dini perlu memiliki kemampuan problem solving yang bertujuan untuk membantu mereka mengatasi persoalan dengan baik dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari seperti masalah berebut mainan dengan teman sebaya, kesulitan memahami aturan bermain dan lain-lain. Problem solving tidak hanya berguna untuk menyelesaikan masalah mereka sehari-hari, tetapi keterampilan problem solving juga bermanfaat saat anak harus mengeksplorasi dunianya atau saat anak mengerjakan tugas-tugas di sekolah. Keterampilan problem solving akan berbeda pada setiap anak sesuai tahapan usianya dan tahap perkembangannya. Keterampilan memecahkan masalah berkaitan dengan bagaimana anak berpikir, memahami, dan mendapatkan pemahaman akan dunianya, termasuk juga kemampuan mengingat, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan metode studi literatur atau penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai sumber yang berkaitan dengan  Metode pembelajaran problem solving merupakan salah satu metode pembelajaran yang mencerminkan atau dilandasi oleh filsafat konstrukstivisme dalam pendidikan anak usia dini, metode problem solving bisa dilakukan dengan cara bermain seperti bermain puzzle, maze, bongkar pasang dan tangram.

Keywords


problem solving bermain, anak

Full Text:

PDF

References


Bobik, P., Boschini, M. J., Gervasi, M., Grandi, D., Kudela, K., & Rancoita, P. G. (2006). Primary helium cr inside the magnetosphere: A transmission function study. Astroparticle, Particle and Space Physics, Detectors and Medical Physics Applications - Proceedings of the 9th Conference, 909–916. https://doi.org/10.1142/9789812773678_0145

FRANKENBURG, W. K., & THORNTON, S. M. (1989). Denver Developmental Activities. Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics. https://doi.org/10.1097/00004703-198902000-00005

Hasnawati, Ahmad, A., & Afendi, J. (2016). Implementasi Permainan Bongkar Pasang Dalam Melejitkan Berbagai Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Pada Paud It Ar-Rahmah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pendidikan, J., Usia, A., Volume, D., & Tahun, N. (2015). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUA MEDIA Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2015). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2013 Tentang. Gitin, L. (n.d.). The Pupil Personnel Administrato.

Pg-paud, P. S., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Purbaningrum, D. E., & Kes, M. (n.d.). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TIPE PROBLEM SOLVING KELOMPOK B DI TK BELIA KREATIF SURABAYA Lusy Ardiana Abstrak. 1–5.

Scharf, R. J., Scharf, G. J., & Stroustrup, A. (2016). Developmental milestones. Pediatrics in Review. https://doi.org/10.1542/pir.2014-0103

Sutina, D., & Indarto, W. (n.d.). EFFECT OF METHOD OF PROBLEM SOLVING SKILLS OF SCIENCE IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS IN TK AL- MUNAWARAH MERBAU BAY DISTRICT DISTRICT BELITUNG PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-. 1–12.

Syaodih, E., Setiasih, O., Romadona, N. U. R. F., & Handayani, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 29–36.

Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2017). Penerapan metode problem solving dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui kegiatan bermain. Tunas Siliwangi, 3(2), 175–180.

Wilson, J. L., & Wilson, J. L. (2019). Approaches to Learning. In Student Learning in Higher Education. https://doi.org/10.4324/9780429445569-7




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats