Pembelajaran Menggambar Berbasis Cerita di Taman-kanak

Prayitno Prayitno, Jurusan PAUD FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Cerita merupakan salah satu hal yang sangat disukai anak-anak, apalagi cerita yang disampaikan bertema yang disukai anak-anak. Ketika anak-anak menggambar dan mewarnai, cerita berfungsi sebagai media anak untuk mengungkapkan serta mengekspresikan hasil karya gambarnya. Tujuan penulisan artikel penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan bagiamana pembelajaran menggambar berbasis cerita di salah satu sekolah TK swasta di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif. Fokus kajian penelitian ini meliputi desain pembelajaran, proses pembelajaran dan hasil dari pembelajaran menggambar berbasis cerita. Desain pembelajaran yang dibuat supaya anak bisa mengenal karakteristik binatang khususnya binatang yang bisa terbang, hal ini diekspresikan melalui gambar dan imajinasi anak. Proses pembelajaran ini bisa dijadikan referensi serta dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran, karena dengan media cerita pelajaran akan lebih mudah diserap oleh anak. Hasil dari pembelajaran ini dapat meningkatkan anak terutama level taman kanak-kanak dalam mengembangkan daya imajinasi dan menghasilkan karya gambar yang bervariatif sesuai dengan gaya gambar masing- masing anak.


Keywords


pembelajaran menggambar, cerita, pendidikan anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. (2014). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Serba Jaya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Davido, R. (2012). Mengenal Anak Melalui Gambar. Jakarta: Salemba Humanika.

Dewobroto, B. T. (2005). Gaya Lukisan Anak-Anak sebagai Acuan Penciptaan Karya Seni Lukis. SURYA SENI Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni, 1 (1), hlm. 19-33.

Fauziddin, M. (2014). Pembelajaran PAUD Bermain, Cerita, dan Menyanyi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Kam Ching, F. D. (2002). Menggambar Suatu Proses Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Latif, M. Dkk. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tabrani, P. (2014). Proses Kreasi-Proses Belajar-Gambar Anak. Jakarta: Erlangga.

Tim Pena Cendekia. (2013). Panduan Mendongeng Untuk Guru TK/TPA/TPQ dan Sederajat. Surakarta: Gazzamedia.

Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats