Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini

Octavian Muning Sayekti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Keprihatinan akan banyaknya tanyangan yang tidak mendidik anak melatarbelakangi munculnya film animasi Nussa dan Rara yang syarat akan nilai karakter. Film ini merupakan salah satu tontonan alternatif yang bisa digunakan untuk penanaman karakter melalui film. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai karakter yang terdapat pada film animasi Nussa dan Rara episode Baik itu Mudah dan cara penanaman karakter pada anak melalui film Nussa dan Rara episode Baik itu Mudah.  Metode yang digunakan yaitu analisis isi. Subjek penelitian ini yakni film animasi Nussa dan Rara episode Baik itu Mudah yang diambil dari laman Nussa official di Youtube. Hasil dari penelitian yaitu film animasi Nussa dan Rara episode Baik itu Mudah memuat enam nilai karakter.  Keenam  nilai  karakter  tersebut  antara  lain:  religius,  menghargai prestasi, cinta lingkungan, kerja keras, rasa ingin tahu, dan peduli sosial. Jika anak senantiasa melihat tayangan yang mendidik bahkan yang mengajarkan karakter  baik,  maka  tak  dipungkiri  ke  depan  dia  akan  menjadi pribadi  yang berkarakter sesuai harapan bangsa.


Keywords


Nilai pendidikan karakter, film animasi, Nussa dan Rara

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. (2011). Analisis isi: pengantar metodologi untuk penelitia ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Demillah, A. (2019) Peran film animasi nussa dan rara dalam meningkatkan pemahaman tentang ajaran islam pada pelajar SD. Jurnal Interaksi. Vol. 3, No 2. Halaman 106-115.

Kemendiknas (2010). Pedoman pendidikan budaya karakter bangsa. Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum.

Krippendorff. (1980). Content analysis: an introduction to its metodology. Beverly Hils, California: Sage Publication Pld.

Samani, M., &Hariyanto. (2013) Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Rosda.

Wardhani, K. (8-10 November 2010) Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan ki hadjar dewantara. Proceding of The 4th Internasional Conference on Teachers Education: Join Conference UPI&UPSI Bandung. http://file.upi.edu/Direktori/PROCEEDING/UPIUPSI/2010/Book_2/PERAN_GURU_DALAM_PENDIDIKAN_KARAKTER_MENURUT_KONSEP_PENDIDIKAN_KI_HADJAR_DEWANTARA.PDF.

Widiyatmaka, J., Edy T.,S.,, Sugeng N., (2013) Nilai pendidikan karakter dalam film sang kiai. Jurnal Mudra. Vol. 34. No. 1. Hlm. 73-79.

Wijayanti, D., & Wachid P. (2019) Pendidikan Karakter melalui model pembelajaran kreatif bagi Siswa Sekolah Dasar (Studi SDN 2 Mendungan Yogyakarta). Jurnal Taman Cendekia. Vol 3. No. 1. Halaman 276-282.

Nussa Oficial. (23 Mei 2019) Baik itu Mudah. https://www.youtube.com/watch?v=sghAqhta08E

Zuchdi, D. (2009) Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats