Motivasi berolahraga atlet tinju selama pandemi covid-19

Apta Mylsidayu, Universitas Islam 45 Bekasi, Indonesia
Elly Diana Mamesah, Universitas Islam 45 Bekasi

Abstract


Kota Bekasi masih termasuk daerah yang mengalami Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 corona virus desease pada awal tahun 2022, sesuai dengan surat edaran Komite Kebijakan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (covid-19) dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi. Hal ini berimbas pada latihan atlet tinju Kota Bekasi. Dampak PPKM ini secara tidak langsung mempengaruhi motivasi atlet dalam berlatih sedangkan persiapan untuk menghadapi PORDA Jawa Barat 2022 semakin dekat. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis motivasi berolahraga atlet tinju Kota Bekasi selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling jenuh, maka populasi dan sampel adalah atlet tinju Kota Bekasi yang akan mengikuti PORDA Jawa Barat Tahun 2022 berjumlah 11 atlet. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang mengadaptasi instrumen Sport Motivation Scale. Teknik pengumpulan data menggunakan platform google form dan analisis data menggunakan penilaian acuan norma (PAN) dalam skala yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berolahraga atlet tinju Kota Bekasi selama Pandemi covid-19 berdasarkan motivasi intrinsik sebesar 81.60%, motivasi ekstrinsik sebesar 78.57%, dan amotivation (tidak termotivasi) sebesar 39.29%. Motivasi yang tinggi akan menentukan seberapa keras atlet tinju berlatih dan mencoba berkompetisi. Oleh sebab itu, pelatih harus menerapkan prinsip variasi latihan agar amotivation atlet tidak menjadi tinggi karena amotivation yang tinggi dapat membuat atlet berhenti berlatih dari cabang olahraga tinju.


Keywords


motivasi berolahraga; atlet; tinju; pandemi covid-19.

Full Text:

PDF

References


Adeyeye, F. M., Vipene, J. B., & Asak, D. A. (2013). The impact of motivation on athletic a achievement: A case study of the 18th national sport festival, Lagos, Nigeria. Academic Research International, 4(5), 378–383.

Anggriawan, N. (2015). Peran fisiologi olahraga dalam menunjang prestasi. Jorpres, 11(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jorpres/article/view/5724/4942

Balyi, I., Richard, W., & Higgs, C. (2013). Long Term Athlete Development (M. Schrag & A. Ewing (eds.)). United States: Human Kinetics.

Bayyat, M. M., Almoghrabi, A. H., & Ay, K. M. (2016). Preliminary validation of an Arabic version of the sport motivation scale (SMS-28). Asian Social Science, 12(7), 186–196.

Blegur, J., & Mae, R. M. (2018). Motivasi berolahraga atlet atletik dan tinju. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.16150

Bompa, T. O., & Carrera, M. (2015). Conditioning Young Athletes - Bompa, Tudor, Carrera, Michael - Google Buku. United States : Human Kinetics.

Duva, L. (2016). A fighting life: my seven years in boxing. In ثبثبثب: Vol. ث ققثق (Issue ثق ثقثقثق). Sports Publishing.

Hauser, T. (2015). A Hurting Sport. In United States of America (2015th ed.). The University of Arkansas Press.

Huang, H. C., Lee, P. Y., Lo, Y. C., Chen, I. S., & Hsu, C. H. (2021). A study on the perceived positive coaching leadership, sports enthusiasm, and happiness of boxing athletes. Sustainability (Switzerland), 13(13). https://doi.org/10.3390/su13137199

Irawan, G. N., & Anam, K. (2022). Analisis Tingkat Motivasi dalam Berprestasi pada Atlet Disabilitas National Paralympic Committee. Jorpres, 18(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jorpres/article/view/47091/pdf

Muhlisin. (2021). Mental training bagi atlet di masa panfdemi covid-19. In Olahraga dan Pendidikan Jasmani dalam memacu loncatan SDM unggul berkompetensi selama pandemi (pp. 94–101).

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., & Et.al. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Prodi Pendidikan Olahraga FIK Universitas Negeri Malang.

Mylsidayu, A. (2014). Psikologi Olahraga. Bumi Aksara.

Mylsidayu, A., & Kurniawan, F. (2015). Ilmu Kepelatihan Dasar. Alfabeta.

Nezhad, M. A., & Sani, K. D. (2012). The Effect of Intrinsic Motivation and Sport Commitment on the Performance of Iranian National Water Polo Team. International Research Journal of Applied and Basic Sciences, 3(6), 1173–1177.

Pelletier, L. G., Tuson, K. M., & et.al. (1995). Toward a New Measure of Intrinsic Motivation, Extrinsic Motivation, and Amotivation in Sports: The SPort Motivation Scale (SMS). Journal of Sport & Exercise Psychology, 17, 35–53.

Raiders. (2021). Motivasi berolahraga. Guepedia.

Samsu. (2017). Metode Penelitian; Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development (Rusmini (ed.)). Pusaka Jambi.

Sepriadi. (2017). Pengaruh Motivasi Berolahraga dan Status Gizi Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Penjakora, 1, 77–89.

Sudijono, A. (2021). Pengantar statistik pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Tangkudung, J., & Mylsidayu, A. (2017). Mental Training; Aspek-Aspek Psikologi Dalam Olahraga. Cakrawala Cendekia.

Thompson, P. (2009). Introduction to Coaching. Britta Sendlhofer.

Werner, D. (1998). Boxer’s Start-Up: A beginner’s Gudie to Boxing. Tracks Publishing.

Yanotama, S. K., & Wijono. (2022). Motivasi Atlet Karate Inkanas Bojonegoro dalam Mengikuti Latihan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Prestasi Olarhaga, 5(2), 75–85.




DOI: https://doi.org/10.21831/jorpres.v18i3.53480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

Jorpres Stats