Analisis Kemampuan Teknik Dasar Pemain Sepak Bola SSB Deli Serdang United Kabupaten Deli Serdang

Abdul Harris Handoko, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan

Abstract


Dalam pertandingan sepakbola selain pemain memiliki kondisi fisik yang baik, seorang pemain juga sangat dituntut memiliki kemampuan teknik dasar sepakbola yang baik agar terciptanya suatu permainan yang baik dan maksimal. Oleh karena itu kemampuan teknik dasar merupakan suatu unsur yang harus dimiliki oleh seorang pemain sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan teknik dasar yang dimiliki oleh pemain sepakbola .Penelitian ini dilakukan di lapangan sepakbola SSB Deli Serdang United Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah pemain 24 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif menuturkan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan situasi yang terjadi dan dialami sekarang, sikap dan pandangan yang menggejala saat sekarang, hubungan antara variable, pertentangan dua kondisi atau lebih, pengaruh terhadap suatu kondisi, perbedaan antar fakta, dan lain-lain. Berdasarkan uji normalitas yang dilakukan terhadap hasil tes dengan uji lilifoers dari keseluruhan data memperoleh hasil normal. Dan dari perhitungan pada tiap data, diperoleh pada data passing dengan nilai 6,08 poin dengan kategori sedang, data dribbling dengan nilai 19,6 detik dengan kategori sedang, dan data shooting dengan nilai 12,6 poin dengan kategori baik Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dari data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dari penjelasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan teknik dasar sepakbola pemain SSB Deli Serdang United Kabupaten Deli Serdang termasuk dalam kategori sedang dan baik, yang dimana teknik passing dan dribbling dalam kategori sedang, dan teknik shooting dalam kategori baik.

ABSTRACT 

          In football games not only do the players must have an absolutely great physical condition, but they also must have an excellent technical skill so an amazing game can be played maximally. By looking at that reason, a fundamental technique skill is one of the aspects a football player must have.This research aims to discover how good is the football players’ fundamental technique skill. This study was conducted in Deli Serdang United Soccer School’s football field in Deli Serdang Regency, and there are 24 players in that soccer school. This study used descriptive qualitative method. This method described and interpreted data related to the current situation, the attitude and point of view which is happening nowadays, the relation between variables, dissimilarity of two or more conditions, its influence towards one particular condition, the differentiation among facts, and other things. Based on the normality test which was done previously with regard to test result with Lilifoers test from entire data attained normal result. Moreover, from the calculation of whole data, score 6,08 point was obtained from passing data and categorized as mediocre, from dribbling obtained 19,6 second and categorized as mediocre as well, and shooting data with 12,6 point was categorized as good. Based on the result of this research and calculated data, and also the discussion which has been done, then from the explanation above it can be concluded that the fundamental technique skill of players in Deli Serdang Soccer School were classified as mediocre and good, where passing and dribbling technique were in mediocre category, while shooting technique was in a good category.


Keywords


teknik dasar; sepakbola; basic skills; football

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Batty, E. C. (2005). Latihan Sepak Bola Metode Baru. Bandung: Pionir Jaya.

Darmawan, Rahmad. (2012). Jadi Juara Dengan Sepakbola Possesion. Jakarta: Ganesha Putra.

Fatah, Muhammad A.N. (2014). “Survei Tentang Kondisi Fisik Dan Kemampuan Teknik Dasar Pada SSB Se-Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara”. ISSN 2252-6773

GBHN.Tap MPR No. 11/MPR/1999

Kiram, Yanuar. (1992). Belajar Motorik. Jakarta: Dirjendikti.

Laksono, Wahyu Tri. (2015). “Mengetahui tingkat keterampilan dasar sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Sentolo, Kabupaten Kulonprogo”.

Luxbacher, Joseph A. (1998). Sepakbola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mielke, Danny. (2007). Dasar-dasar Sepak Bola. Bandung: Pakar Raya.

Mochtar, Remmy. (1992). Olahraga Pilihan Sepak Bola. Jakarta: Dirjendikti Proyek Pembinaan Tenaga.

Mutohir, Cholik. (1992). UU Sistem Keolahragaan Nasional. Penerbit: Sunda Kelapa Pustaka.

Nurhasan, (2001). Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani: Prinsip-Prinsip dan Penerapannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas.

Indarto, Pungki. (2010). “Analisis Kondisi Fisik Dan Keterampilan Gerak Dasar Sepak Bola Anak Usia 12-14 Tahun Pada Sekolah Sepakbola Se-Kota Surakarta Tahun 2009”.

Rahmani, Mikanda. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.

Roji dan Eva. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sasmita, Ganjar Purnama. (2010). Skripsi. “Tinjauan Kondisi Fisik Pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Generasi Muda Ganting (GMG) Kelompok Umur-15 Kota Padang Panjang”

Scheunemann, Timo. (2005). Kinesiology. Malang: Dioma

Sugiyanto dan Sudjarwo. (1991). Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud.

Sukamti, Endang Rini, dkk. (2007). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK UNY.

Sukatamsi. (1985). Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Surakarta: Tiga Serangkai.

Sucipto, dkk. (2000). Sepak Bola. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tenang. (2008). Mahir bermain futsal. Bandung: Ganeca Exact.

Wisahati, A. N dan Santosa, T. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: CV. Setiaji.




DOI: https://doi.org/10.21831/jorpres.v14i1.19982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi)



   

Jorpres Stats