Pengembangan model bermain sepakbola untuk meningkatkan aspek psikologis anak usia 12 -13 tahun di Yogyakarta

Muna Aprilianto, , Indonesia
Tomoliyus Tomoliyus, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pedoman bermain sepakbola untuk meningkatkan aspek psikologis (semangat, gembira, dan disiplin) anak usia 12-13 tahun di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap penelitian pendahuluan terdiri dari kajian literatur, kajian penelitian relevan, studi lapangan dan tahap pengembangan terdiri perencanaan, validasi ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Peneliti ini mengambil sampel dari sekolah sepakbola di Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pada uji coba skala kecil dilakukan di SSB Real Madrid melibatkan 10 siswa dan satu orang pelatih. Pada uji coba skala besar dilakukan di dua tempat yaitu di SSB Real Madrid dan SSB Bina Putra Jaya Sleman melibatkan 38 siswa dan dua pelatih. Analsis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi menunjukkan model bermain sepakbola anak usia 12-13 tahun layak untuk diuji cobakan. Berdasarkan Hasil pelaksanaan pada uji coba skala kecil dan besar secara substansi isi dan pelaksanaan tergolong sangat baik. Hasil penilaian efektivitas model tehadap psikologis anak berupa semangat, gembira, dan disiplin mengalami peningkatan: nilai pertemuan kedua lebih tinggi dari pertemuan pertama. Dapat disimpulkan model bermain sepakbola anak usia 12-13 tahun efektif untuk meningkatkan aspek psikologis berupa semangat, gembira, dan disiplin siswa dalam melakukan latihan sepakbola.

Kata Kunci: model, bermain, psikologis, sekolah sepakbola

 

Development a playing soccer model to improve the psychological aspects of 12-13 years old children in Yogyakarta

 

Abstract

This research aims to develop a playing soccer model to improve the psychological aspects (spirit, joy, and discipline) of 12-13 years old children in Yogyakarta. This study is a research and development which consists of two stages. The Preliminary research stage and development stage. The Preliminary research stage consisted of a literature review, relevant research studies and field studies. The Development stage consisted of planning, validation expert, small-scale test, and test large scale. The Validation involve three people experts. The sampel of take it from soccer school in Yogyakarta. The small-scale tryout was conducted on 10 students and one coach of Real Madrid Soccer School in Yogyakarta. The large-scale trials were conducted with two soccer school on 38 students and two coach of Yogyakarta Real Madrid Soccer School and Sleman Bina Putra Jaya Soccer School. The resul is a playing soccer model for children aged 12-13 years with the title "Playing Soccer in Practice to Improve Psychological Aspects". Based on the small-scale tryout and the small-scale tryout content implementation aspects are in an excellent category. The Psychological development of students assessment resulting in the form of passion, joy, and discipline in playing soccer show improvement: score of the second meeting is greater than the average score of the first meeting, thus it can be concluded thaat the playing soccer model for children age 12-13 years is effective to improve students psychological aspects, including the aspects of spirit, joy, and discipline in doing soccer practice.

Keywords: models, play, psychological, soccer school

Keywords


model; bermain; psikologis; sekolah sepakbola

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk Mengajar. Alih Bahasa Helly Prajitno Soetjipto, dkk. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (2007). Education research, (7^th ed.). New York: Longman Inc.

Liu, M.H.C., Karp, G.G., & Davis, D. (2010). Teaching learning-related social skills in kindergarten physical education. Journal of physical education, recreation & dance, 81(6), 38-44.

Lumintuarso, Ria. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula. UNY Press.

Muhadjir, Noeng. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Bayu Indra Grafika.

Sarwono, Sarwono W. (2002). Psikologi Sosial: Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Scheunemann, S. Scheuneman. (2012). Kurikulum dan pedoman dasar sepakbola indonesia. Jakarta: Badan Pembinaan Usia Muda PSSI.

Setyobroto, Setyobroto. (2005). Psikologi Olahraga. Jakarta: PT Anem KosongAnem.

Sukadiyanto. 2010. Pengantar teori dan metodelogi melatih fisik. Prodi PKO: FIK UNY.

Weinberg, Robert S. & Gould, Daniel. (2007). Foundation of sport and exercises psychology. USA: Human Kinetics.

Wilson Greg,. Et.al. (2008). Resistance training for children and youth: a posotion stand from the australian strength and conditioning association. Journal of Australian strength and conditioning. Part 1 Vol 16(2): 45-54; Part 2 16(3): 58-74; Part 3 16(4): 52-82.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Keolahragaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Keolahragaan is indexed by:

             


Creative Commons License
Jurnal Keolahragaan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved p-ISSN: 2339-0662 | e-ISSN: 2461-0259

View My Stats