Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar

Leni Apriani, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Indonesia
Novri Gazali, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Trias UKS di Sekolah Dasar Negeri Gugus II Bukit Raya Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Bukit Raya Kota Pekanbaru sebanyak 118 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara total sampling yang berjumlah 118 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang dibuat berdasarkan buku pedoman untuk tenaga kesehatan usaha kesehatan sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan perhitunganya menggunakan persentase. Untuk mengetahui kriteria dalam pensekoran data tiap faktor maka dilakukan pengkategorian, sesuai dengan instrumen, yaitu: sangat baik, baik, cukup baik dan tidak baik. Berdasarkan hasil penelitian dari 5 sekolah maka dapat disimpulkan pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri Gugus II Bukit Raya Kota Pekanbaru secara keseluruhan berkategori kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu: (1) aspek lingkungan kehidupan sekolah yang sehat dengan kategori cukup, (2) aspek pendidikan atau penyuluhan di sekolah dengan kategori kurang baik, (3) aspek pelayanan kesehatan di sekolah dengan kategori kurang baik.

 

The implementation of trias school health unit (Trias UKS) at primary school

 

Abstract

This research aims to know the implementation of the trias UKS in elementary school the country Cluster II Bukit Raya Pekanbaru. This type of research method used is descriptive. The population in this research is the whole grade V SD Cluster II Bukit Raya as much as 118 people. The sample in this study is taken by way of sampling a total of 118 people. Technique of data analysis using descriptive analysis, while the calculation using percentage. To know the criteria in data scoring each factor then done categorization, in accordance with the instrument, namely: very good, good, good enough and not good. Based on the results of research from 5 schools it can be concluded the implementation of the program school health (UKS) in State Elementary School Gugus II Bukit Raya Pekanbaru as a whole is categorized less good. This can be seen from three aspects, : (1) environmental aspects of healthy school life with sufficient category, (2) aspects of education or counseling in schools with less good category, (3) aspects of health services in schools with less good category.


Keywords


pelaksanaan; trias UKS; sekolah dasar; implementation; primary education

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Fridayanti, D. V., & Prameswari, G. N. (2016). Peran UKS (usaha kesehatan sekolah) dalam upaya penanggulangan obesitas pada anak usia sekolah. Journal of Health Education, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/article/view/18787

Hadi, S. (1991). Analisis butir untuk instrumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasan, R., & Alatas, H. (2005). Ilmu kesehatan anak. Jakarta: FK UI.

Mukminin, A., & Tasu’ah, N. (2016). Pengembangan model layanan program usaha kesehatan sekolah (UKS) terintegrasi pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Semarang (Studi pada lembaga taman kanak-kanak di Kota Semarang). Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(2), 117–126. https://doi.org/10.15294/jpp.v33i2.9094

Poernomo, S. (1979). Kesehatan sekolah di Indonesia. Jakarta: Yayasan Darma Bhakti.

Poernomo, S., Suharto, S., & Siswanto, M. (2002). Usaha kesehatan sekolah (UKS). Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Praditya, D. K., & Nasution, J. D. H. (2016). Survei pelaksanaan usaha kesehatan sekolah (UKS) dan peran guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 224–231. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/17365

Sitepu, H., Ratag, G. A. E., & Siagian, I. T. (2015). Peran serta masyarakat sekolah dalam pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah di SMP Negeri 1 Manado. Jurnal E-Biomedik, 3(3), 798–804. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/ebiomedik/article/view/10147

Soenarjo, R. J. (2008). Usaha Kesehatan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. (2005). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trisnowati, T., & Moekarto, M. (2007). Materi pokok pendidikan jasmani dan kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.14456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Keolahragaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Keolahragaan is indexed by:

             


Creative Commons License
Jurnal Keolahragaan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved p-ISSN: 2339-0662 | e-ISSN: 2461-0259

View My Stats