PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI KONSERVASI BERBASIS ETNOPEDAGOGI

Suroso Mukti Leksono, FKIP Untirta, Indonesia
Ahmad Syachruroji, FKIP Untirta
Pipit Marianingsih, FKIP Untirta

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengekplorasi kearifan lokal di Banten untuk pengembangan bahan ajarbiologi konservasi berbasis etnopedagogi.  Metode R&D digunakan untuk mengembangkan bahanajar.  Ditemukan tiga konsep kearifan lokal yang dapat digunakan untuk konten pembelajaran biologikonservasi yaitu (1) konsep pembagian lansekap untuk pembelajaran konsep biodiversitas tingkatekosistem; (2) pemanfaatan spesies untuk kehidupan seharai-hari untuk konsep biodiversitas tingkatspesies; (3) kearifan dalam menanam padi lokal untuk konsep biodiversitas pada tingkat genetika.Konten-konten tersebut selanjutnya dikembangkan untuk bahan ajar biologi konservasi dengan tujuanuntuk mengembangkan literasi konservasi. Prinsip-prinsip yang dikembangkan dalam bahan ajartersebut meliputi tujuan; nilai-nilai; konsep; ancaman dan tindakan konservasi terhadap biodiversitas.Hasil validasi ahli tentang kemampuan penyajian, materi dan penggunaan bahasa dalam bahan ajarmenunjukkan hasil yang baik dan layak digunakan, sedangkan uji coba keterbacaan menunjukkanhasil bahwa bahan ajar tersebut dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi, meningkatkanketerampilan proses biodiversitas dan kepedulian terhadap lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats