ANALISIS POTENSI DAN KENDALA TEACHERPREUNER DI SMK

Endang Mulyatiningsih, FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi teacherpreneur bidang keahlian Tata Boga,Perhotelan, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian; dan mengidentifi kasi kendala yang dialamiguru SMK untuk menjadi teacherpreneur. Populasi penelitian survei ini adalah 114 orang pesertaprogram “Pemerataan Mutu Guru Produktif SMK melalui Kerjasama dengan DUDI” tahun 2014.Sampel diambil sebanyak 47 orang dengan teknik cluster sampling yaitu memilih 3 dari 14 paketkeahlian guru SMK peserta program. Data dikumpulkan dengan kuesioner terbuka dan wawancara kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Potensi teacherpreneur yang telah dikembangkanguru SMK meliputi karya inovatif, perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran, media, buku,penelitian, dan pembimbingan siswa bermasalah dan siswa yang berpotensi sukses. Kendala yangdialami guru meliputi kekurangan motivasi, keterampilan, kreativitas, dan dukungan sekolah, fasilitas,dan sumber daya waktu.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats