PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN “CERDAS” BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN IPA

Atiek Winarti, FKIP UNLAM, Indonesia
Leny Yuanita, PPs UNESA
Muhamad Nur, PPs UNESA

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran “CERDAS” berbasis teoriMultiple Intelligences Howard Gardner. Kevalidan model dinilai oleh lima validator, sedangkankeefektifan model dilihat dari perkembangan multiple intelligences dan penguasaan konsep siswasetelah implementasi model CERDAS. Pengembangan model pembelajaran menggunakan disainpengembangan Plomp. Data diambil dengan teknik tes, angket dan observasi. Data validitasmodel dan perkembangan kecerdasan majemuk (multiple inteligences) siswa dianalisis secaradeskriptif, sedangkan data penguasaan konsep tahap II dan tahap III masing-masing dianalisismenggunakan uji Wilcoxon signed rank test dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Model CERDAS valid baik isi maupun konstruk dengan skor 4,04 (skor maksimal 5,0). (2) ModelCERDAS efektif digunakan dalam pembelajaran IPA dengan indikator berikut: (i) implementasimodel CERDAS mampu meningkatkan empat jenis kecerdasan majemuk, yaitu kecerdasanintrapersonal, interpersonal, kinestetik, dan visual spasial (ii) kelompok uji coba yang menerapkanmodel CERDAS menunjukkan peningkatan penguasaan konsep dan ketuntasan belajar lebih tinggidaripada kelompok pembanding

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats