PENINGKATAN PENGUASAAN TATABAHASA BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN BAHASA INGGRIS FBS UNY MELALUI PENDEKATAN COMMON CORE YANG TELAH DIMODIFIKASI

Bambang Sugeng, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nury Supriyanti, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan penguasaan tatabahasa dalam berbaha-sa Inggris. Bantuan ini berupa pembelajaran dengan menggunakan bahan common core dengan harapan mahasiswa bisa mengurangi kesalahan-kesalahan dasar yang mereka buat dalam tatabahasa bahasa Inggris. Penelitian menggunakan model penelitian tindakan dengan dua siklus, masing-masing siklus berjalan selama empat minggu. Penentuan jumlah siklus dilakukan pada akhir Siklus 2 ketika peneliti merasakan bahwa siklus tambahan tidak akan menghasilkan temuan yang berbeda. Sebelas mahasiswa Semester 1 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Akademik 2005 berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Dua macam data dijaring dengan menggunakan kuesioner dan tes. Kuesioner digunakan untuk data yang berhubungan dengan sikap dan perasaan mahasiswa selama berpartisipasi dalam penelitian. Tes dikembangkan menjadi Tes Awal, Tes Progres 1, dan Tes Progres 2 untuk data yang berhubungan dengan penguasaan tatabahasa. Temuan penelitian menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan penguasaan tatabahasa para peserta. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya kesalahan yang mereka buat saat Tes Awal (91), Tes Progres 1 (87), dan Tes Progres 2 (44). Data kuantitatif di akhir masa penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berhasil meningkatkan penguasaan tatabahasa mereka pada tenses, s-ending untuk countable plural nouns, dan sejumlah punctuations. Data terakhir ini pula menunjukkan topik-topik yang masih sukar bagi mahasiswa: finite verbs dan determiners untuk uncountable nouns. Sejumlah temuan tambahan dari data kualitatif menunjukkan bahwa kebanyakan mahasiswa menyatakan menyukai bahan common core karena sifatnya yang sederhana, terinci, dan mudah dipahami.

 

Kata kunci: common core, kesilapan tatabahasa, minimum requirement, penguasaan bahasa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v36i1.4947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats