PENGARUH WAKTU PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KUANTITAS KELULUSAN MATA KULIAH PSIKOLOGI OLAHRAGA PADA MAHASISWA JURUSAN PKL

Sukadiyanto Sukadiyanto, Jurusan Pendidikan Kepelatihan FIK UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kelulusan mahasiswa yang mengambil mata kuliah psikologi olahraga. Selain itu, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan bukti empirik tentang perbedaan hasil belajar mahasiswa pada materi psikologi olahraga antara yang diajar memakai model pembelajaran pemberian tugas sesudah pokok bahasan dan yang diajar memakai model pembelajaran pemberian tugas sebelum pokok bahasan.

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain post test design. Populasinya mahasiswa prodi PKO yang mengambil mata kuliah psikologi olahraga pada semester pendek tahun 2005. Oleh karena semua populasi dijadikan sampel penelitian, maka teknik pengambilan sampel secara population sampling. Jumlahnya 44 mahasiswa yang dibagi ke dalam kelompok A 25 orang dan kelompok B 19 orang. Penentuan kelompok dengan cara simple random sampling. Hasilnya, kelompok A diberi tugas sebelum tatap muka dan kelompok B diberi tugas sesudah tatap muka. Instrumen pengumpul data adalah (1) tes tengah semester dan (2) tes akhir semester. Uji persyaratan analisis memakai Uji Liliefors dan Uji Barllet. Uji hipotesis memakai uji t, pada taraf signifikansi 5%.

Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa pada materi psikologi olahraga antara yang diajar memakai model pembelajaran pemberian tugas sebelum pokok bahasan dan yang diajar memakai model pembelajaran pemberian tugas sesudah pokok bahasan. Artinya, kedua model pembelajaran memiliki dampak yang sama baiknya terhadap pencapaian hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah psikologi olahraga. Namun demikian dianjurkan model pembelajaran dengan pemberian tugas sebelum pokok bahasan diajarkan akan lebih menguntungkan, karena mahasiswa saat kuliah sudah membaca dan memiliki bekal untuk didiskusikan dengan dosen.

 

Kata kunci: Model pembelajaran, tugas sesudah dan sebelum perkuliahan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v36i1.4946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats