PENGEMBANGAN MATERI AJAR FISIKA BERMUATAN AUTHENTIC LEARNING PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR

Mustika Wati, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat
Muhammad Hafiz Ridho, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Misbah Misbah, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Fauzia Dwi Sasmita, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan materi ajar fisika bermuatan authentic learning pada pokok bahasan gerak melingkar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ASSURE. Desain uji coba pada penelitian ini berupa one-group pretest-posttest design. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah 27 orang peserta didik kelas X program matematika dan ilmu pengetahuan alam di salah satu SMA Negeri di Banjarmasin. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes dan instrument non-tes. Instrumen tes berupa tes hasil belajar pretest dan posttest peserta didik level C1 hingga C5. Sementara instrumen non-tes berupa lembar validitas materi ajar dan angket respons peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menganalisis rata-rata skor validitas dari para ahli untuk mengukur validitas, rata skor angket respons peserta didik untuk mengukur kepraktisan, dan uji n-gain dari hasil belajar pretest-posttest untuk mengukur efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar fisika bermuatan authentic learning pada pokok bahasan gerak melingkar layak digunakan dalam proses pembelajaran.

THE DEVELOPMENT OF PHYSICS TEACHING MATERIALS CONTAINED AUTHENTIC LEARNING ON CIRCULAR MOTION SUBJECT
 
This study aimed to describe the validity, practicality, and effectiveness of physics teaching materials containing authentic learning on the subject of circular motion. The type of research used is development research (R&D) with the ASSURE model. The trial design in this study was a one-group pretest-posttest design. The test subjects in this study were 27 students of class X Mathematics and natural science program at one of the public high schools in Banjarmasin. Data collection techniques were obtained through test and non-test instruments. The test instrument is in the form of pretest and posttest levels C1 to C5. Meanwhile, non-test instruments were in the form of validity sheets of teaching materials and student response questionnaires. The data analysis was carried out by analyzing the average validity score of the experts to measure validity, the average student response questionnaire score to measure practicality, and the n-gain test of pretest-posttest learning outcomes to measure effectiveness. The results showed that the physics teaching material with authentic learning content on the circular motion was feasible to be used in the learning process.


Keywords


materi ajar, authentic learning, gerak melingkar

Full Text:

PDF

References


Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan modul fisika STEM terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630.

Anisah, A., Wati, M., & Mahardika, A. I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran getaran Dan gelombang dengan model inkuiri terstruktur untuk siswa kelas VIII A SMPN 31 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i1.1008.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.

Arsanti, M. (2018). pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71-90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107.

Astuti, E. R. P., & Baysha, M. H. (2018). Authentic learning pada mata kuliah produksi media cetak. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 231-237.

Aydin, A., & Aytekin, C. (2018). Teaching materials development and meeting the needs of the subject: a sample application. International Education Studies, 11(8), 27-38. https://doi.org/10.5539/ies.v11n8p27.

Behnke, Y. (2018). The Palgrave Handbook of Textbook Studies. In The Palgrave Handbook of Textbook Studies (Issue July). https://doi.org/10.1057/978-1-137-53142-1.

Fitriah, L. (2019). Efektivitas buku ajar fisika dasar 1 berintegrasi imtak dan kearifan lokal melalui model pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 82-96. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5909.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809.

Handayani Z. K. (2017, Mei). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika: Peran Alumni Matematika Dalam Membangun Jejaring Kerja Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Fakultas Matematika, Unimed, Medan. http://digilib.unimed.ac.id/26892/2/Fulltext.pdf%0A.

Herrington, T., & Herrington, J. (2006). Authentic learning environments in higher education. British Journal of Educational Technology, 39(4), 749-769. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2008.00870_23.x.

Iucu, R. B., & Marin, E. (2014). Authentic learning in adult education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 142, 410-415. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.702.

Khair, A. (2003). Sinoman hadrah seni islam yang perlu mendapat perhatian. Himmah, 4(10), 45-54.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi. Refika Aditama.

Leksono, S. M., Syachruroji, A., & Marianingsih, P. (2015). Development of biology conservation teaching materials based on ethnopedagogy. Jurnal Kependidikan, 45(2), 168-183.

Lombardi, B. M. M., & Oblinger, D. G. (2007). Authentic learning for the 21st century: An overview. Educase Learning Initiative, 1, 1-7. http://alicechristie.org/classes/530/EduCause.pdf.

Madsen, A., McKagan, S. B., & Sayre, E. C. (2015). How physics instruction impacts students’ beliefs about learning physics: A meta-analysis of 24 studies. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(1), 1-19. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.010115.

Makhmudah, N. L., Subiki, & Supeno. (2019). Pengembangan modul fisika berbasisi kearifan lokal permainan tradisional kalimantan tengah pada materi momentum dan impuls. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 181-186.

Mana, L. H. A., Yusandra, T. F., Atmazaki, & Ramadhan, S. (2020). Pengembangan buku ajar keterampilan menyimak berbasis contextual teaching and learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1), 152-164.

Misbah, Wati, M., & Lestari, P. A. (2016). Effectiveness physics module class X using cooperative learning model with a peer assessment. Dalam S. Suyanto, S. E. Nayono, R. Hidayah, L. Purnastuti, Sugito, A.K. Prodjosantoso, A. C. Pierewan, Margana, N. I. Arovah, & A. Nuryanto (Eds.), Proceedings International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI), 11-12 May 2016 (pp. 199-202).

Morales, M. P. E. (2014). The impact of culture and language sensitive physics on concept attainment. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 6(1), 1-12.

Mukson, M. (2014). Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (ips) melalui model pembelajaran authentic learning peserta didik kelas 4 MIN Pucung Ngantru Tulungagung (Skripsi tidak diterbitkan). IAIN Tulungagung, Tulungagung.

Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis buku teks muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1), 1-15. https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7181.

Nurhidayanto. (2015). Pengaruh manajemen sumber belajar terhadap prestasi belajar dengan kemampuan berfikir kritis dan kemampuan bahasa inggris sebagai variabel moderasi di Amik Cipta Darma Surakarta. Among Makarti, 8(15), 54-67.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272-285. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3894.

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. DIVA Press.

Pribadi, B. A. (2011). Model ASSURE untuk mendesain pembelajaran sukses. Dian Rakyat.

Ridho, M. H., Wati, M., Misbah, M., & Mahtari, S. (2020). Validitas bahan ajar gerak melingkar berbasis authentic learning di lingkungan lahan basah untuk melatih keterampilan pemecahan masalah. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(2), 87-98. https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i2.8453.

Santoso, M. (2018). A Showcase of authentic learning activities in an English as a foreign language class. International English Language Teachers and Lecturers, 6(2), 102-113. http://journal.wima.ac.id/index.php/BW/article/view/1824.

Satriawan, M., & Rosmiati. (2016). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1), 1212-1217.

Suastra, I. W. (2010). Model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 43(2), 8-16.

Suhardi, D. (2021). Penilaian autentik dalam meningkatkan hasil belajar fisika di SMAN 1 Pagaden. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 65-74. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.79.

Suyitno, I., Kamal, M., Sunoto, & Suherjanto, I. (2016). Teknik pembelajaran observasi lingkungan berbasis kearifan lokal. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 14-28.

Taber, K. S. (2020). Mediated learning leading development—The social development theory of Lev Vygotsky. Dalam Akpan B., Kennedy T. J. (Eds) Science Education in Theory and Practice. Springer Texts in Education. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-43620-9_19

Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157-162. https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5411.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Wornyo, A., Klu, E., & Motlhaka, H. (2018). Authentic learning: enhancing learners’ academic literacy skills. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(4), 56–62. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.4p.56.

Yunus, R. (2014). Nilai-nilai kearifan lokal (local genius) sebagai penguat karakter bangsa: Studi empiris tentang huyula. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.40320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats