PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM DIMENSI BERKETUHANAN

Harun Harun, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amat Jaedun, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta
Sudaryanti Sudaryanti, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta
Abdul Manaf, Graduate School, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dimensi pendidikan karakter anak usia dini terkait dengan hubungan ketuhanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 451 anak yang berasal dari 26 lembaga PAUD di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan confirmatory factor analysis second order. Kriteria yang digunakan untuk menyatakan model konstruk fit (kecocokan model) adalah absolute fit indices, incremental fit indicies, dan persimonius. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dimensi karakter anak usia dini yang berkaitan dengan hubungan ketuhanan terdiri atas: keyakinan/akidah, rajin beribadah, sikap ikhlas bertindak, dan nilai budi pekerti/akhlakul karimah. Nilai sikap ikhlas bertindak merupakan faktor dominan sedangkan nilai budi pekerti/akhlakul karimah merupakan faktor yang kurang dominan pada pendidikan karakter anak usia dini di PAUD yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Semua indikator tersebut memberikan kontribusi terhadap sikap atau perilaku anak terkait dengan hubungan ketuhanan.

DIMENSIONS OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION CHARACTERS RELATED TO GOD’S RELATIONSHIP

This study aims to examine the dimensions of early childhood character education related to the divine relationship. This study method used was quantitative research. The research subjects were 451 kids from 26 preschool institutions in the Yogyakarta. The data were collected using questionnaire. The data analysis used second order confirmatory factor analysis. The criteria used to state the construct fit model were absolute fit indices, incremental fit indicies, and persimonius. The results show that the dimensions of early childhood character related to the divine relationship consist of: belief / faith, the obidience in worship, sincere action, and noble character . The value of sincere action is the dominant factor, while the noble character is a less dominant factor in early childhood character education in preschool in Yogyakarta. All of these indicators contribute to children's attitudes or behaviors related to divine relationships.


Keywords


pendidikan karakter, anak usia dini, hubungan ketuhanan

Full Text:

PDF

References


Asmani, J. M. (2011). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta DIVA Press:.

Azzet, A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Desmita. (2014). Psikologi perkembangan peserta didik: Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. (2010). Multivariate data analysis (4th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Helmawati. (2015). Mengenal dan memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kemendiknas. (2010). Panduan pendidikan karakter di sekolah menengah pertama.. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kementrian Pen-didikan Nasional.

Lickona, T. (1991). Education for character: How our school can teach respect and responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Majid, A., & Andayani. (2013). Pendidikan karakter perspektif islam. Bandung: PT. Rosdakaya.

Rochayati, U., & Wardani, R. (2018). Model pembelajaran karakter kerja di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Kependidikan, 2(1), 116-127.

Rohmadi, M., & Taufik, A. (2010). Pen-didikan agama islam: Pendidikan karakter berbasis agama. Surakarta: Yumas Pustaka.

Schermelleh-Engel, K., Moosbrugger, H., & Mueler, H. (2003). Evaluating the fit of structural equation models: Tests of significance and descriptive goodness-of-fit measures. Methods of Psychological Research, 8(2), 23-74.

Sjarkawi. (2015). Pembentukan kepriadian anak: Peran moral, inteletual emosio-nal, dan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Solihati, N., Hikmat, A., Jupri, A. R., & Hidayatullah, S. (2019). Nilai pendidikan karakter dalam permainan rakyat di lereng gunung merapi. Jurnal Kependidikan, 3(1), 28-42

Sopiatin, P., & Sahrani, S. (2011). Psikologi belajar dalam perspektif islam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sujiono, & Nurani, Y. (2012). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Supartinah, Kawuryan, S. P., & Hastuti, W. S. (2018). Pedoman penjenjangan buku bacaan berbahasa Jawa bermuatan pen-didikan karakter untuk sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 2(1), 26-38.

Wibowo. A. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, T., Wijayanti, A, T., & Saliman. (2019). Pendidikan karakter dalam keluarga melalui pola asuh orang tua. Jurnal kependidikan, 3(1), 129-142.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.26872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats