PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

Syifa Fauziyah, Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
Mochamad Bruri Triyono, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar pada saat pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi khususnya siswa kelas X SMK ditinjau dari minat internal,minat eksternal, dan pendekatan belajar. Subjek pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan angket modifikasi skala likert. Dari hasil penelitian menunjukkan bahawa pertama, pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi sudah dilaksanakan tetapi terdapat kendala yaitu guru mengajar hanya sebatas teori. Kedua, sebagian besar siswa memiliki minat belajar dengan kategori sedang dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Dengan demikian, minat belajar pada pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi perlu ditingkatkan lagi. Ketiga peningkatan minat belajar pada pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dapat dilakukan dengan memadukan model pembelajaran yang sesuai sehingga siswa dapat menguasai materi baik teori ataupun praktik.

INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY LEARNING REVIEWED FROM INTEREST TO LEARN

This study was aimed at determining the interest in learning information and communication technology of grade X vocational students in terms of internal interests, external interests, and learning approaches. The subjects in this study were 30 students of class X Computer and Network Engineering Skills Program at Vocational High School 3 of Yogyakarta. The research data were analyzed using descriptive statistics, while the method used to collect the data in this study was using a Likert scale modified questionnaire. The findings show that first, learning information and communication technology has been implemented but the teacher teaches only focus on the theory. Second, most students have an interest in learning with the moderate category in learning information and communication technology. Thus, interest in learning in learning information and communication technology needs to be increased. Third, increasing interest in learning in learning information and communication technology can be done by combining appropriate learning models so that students are able to master learning material both theory and practice.


Keywords


pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran di sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN & Sosial Budaya, 1(1), 10-20. Diunduh dari http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/84.

Farah, R. N., Tarmizee, M., Abd Rahman, K., & Zuraida, R. L. (2018). Orthogonal Projector Kit (OPK) as a new teaching aids with innovation ICT in Teaching and Learning 21st Century. Journal of Fundamental and Applied Sciences, 10(3S), 338-344.

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbian-toro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).

Muhson, A. (2009). Upaya peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 39(2), 171-182. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/62.

Nurfazar, S., Rokhayati, A., & Lidinillah, D. A. M. (2016). Pengaruh metode dramath terhadap minat belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 129-137.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai desterminan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.

Nurmala, S. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 42 (2), 162-172. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1950.

Palangda, L. (2017). Pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar ekonomi peserta didik di SMKN 4 Makasar (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Pambudi, A. M. A. (2015). Keterkaitan kondisi fisik dengan prestasi belajar penjasorkes pada siswa yang mengikuti ektrakurikuler futsal. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(3), 117-123.

Pima, J. (2019). Factors that motivate teachers to use ICT in teaching: A case of Kaliua District secondary schools in Tanzania. International Journal of Education and Development using ICT, 15(1).

Kawet, R. S. I. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar mahasiswa terhadap hasil belajar manajemen konstruksi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 224-239.

Rusyan, T. (2015). Seri peningkatan mutu pendidikan: Membangun guru berkualitas. Jakarta: Intimedia Ciptanusantara.

Li, S., Yamaguchi, S., & Takada, J-I. (2018). Understanding factors affecting primary school teachers’ use of ICT for student-centered education in Mongolia. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 14(1), 103-117. Diunduh dari http://ijedict.dec.uwi.edu/viewissue.php?id=50#Refereed_Articles.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.

Slameto. (2009). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suparman, M. A. (2014). Desain instruksional modern. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Surifah, Mustiati, E., Syaifullah, M. Z., & Bowo, A. N. A. (2016). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa mengikuti pendidikan profesi akuntansi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 246-258. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9615.

Sönmez, V. (2017). Association of cognitive, affective, psychomotor and intuitive domains in education, Sönmez model. Universal Journal of Educational Research, 5(3), 347-356. DOI: 10.13189/ujer.2017.050307.

Zeinabsadat. (2015). Case Studies in Three Domains of Learning: Cognitive, Affective, Psychomotor. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering 9(2104-2107). Dari: https://publications.waset.org/10002130/case-studies-in-three-domains-of-learning-cognitive-affective-psychomotor.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.24418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats