PERBANDINGAN PENYEKORAN MODEL RASCH DAN MODEL PARTIAL CREDIT PADA MATEMATIKA

Awal Isgiyanto, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan atribut butir soal; kemampuan peserta menjawab butir soal; penyekoran model Rasch dan Partial Credit; serta nilai fungsi informasi model Rasch dan Partial Credit tes matematika. Metode penelitiannya adalah retrofitting dengan subjek peserta ujian nasional matematika SMP di Kabupaten Bantul. Objeknya berupa butir dan respons butir peserta. Hasilnya adalah pertama, atribut yang mendasari butir soal ada 47 yang terdiri atas empat atribut isi, 36 atribut proses, dan tujuh atribut keterampilan; kedua, kemampuan tertinggi peserta ada pada butir soal statistika dan peluang, diikuti aljabar dan geometri, sedangkan kemampuan terendah pada butir soal bilangan; ketiga, tingkat kesulitan tertingi model Rasch terletak pada bilangan, aljabar, serta statistika dan peluang dan terendah pada geometri dan pengukuran, sedangkan tertinggi pada model Partial Credit terletak pada threshold 2, diikuti threshold 1, dan terendah pada threshold 3; serta keempat, nilai fungsi informasi model Partial Credit lebih baik dan akurat daripada model Rasch.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats