PENGEMBANGAN WEBQUEST SEBAGAI MEDIA INSTRUKSIONAL MEMBACA SISWA SMA NEGERI 1MUNTILAN

Umi Rachmawati, PPs UNY, Indonesia
Suwarsih Madya, FBS UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan WebQuests sebagai media pembelajaran membaca bagi siswa kelas dua SMAN 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014. Pengembangan WebQuests dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yakni analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan ujicoba. Analisis kebutuhan dilakukan melalui proses studi pustaka, membuat instrumen analisis kebutuhan, pengumpulan data kebutuhan siswa, dan menganalisis kebutuhan siswa. Pada tahap pengembangan produk, peneliti mengembangkan produk awal, dan memvalidasi produk awal pada ahli. Tahap ujicoba dilakukan dua kali, yakni ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar. Data yang diperoleh dari siswa dan ahli terhadap penggunaan WebQuests sebagai media pembelajaran membaca dikumpulkan melalui diskusi kelompok, kuesioner, dokumen, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan WebQuests dari aspek kualitas isi dapat dikategorikan sebagai bagus. Pengembangan produk tersebut telah berhasil mencapai tujuan dalam memfasilitasi siswa kelas dua dalam pembelajaran membaca di SMAN 1 Muntilan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v44i1.2194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats