FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA UNTUK MELANJUTKAN KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Siti Nurmala, SMK N 2 Simpang Empat Tanah Bumbu Kal Sel, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap minat siswa; pengaruh langsung pengetahuan peluang kerja, pemahaman diri, kultur keluarga, dan latar belakang ekonomi terhadap minat siswa; serta pengaruh tidak langsung pengetahuan peluang kerja dan latar belakang ekonomi keluarga terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK kompetensi keahlian perawat kesehatan. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP kelas IX tahun ajaran 2011/2012 dengan sampel sebanyak

248 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, minat siswa untuk melanjutkan ke SMK kompetensi keahlian perawat kesehatan tinggi. Kedua, terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara pengetahuan peluang kerja, pemahaman diri, kultur keluarga, dan latar belakang ekonomi terhadap minat siswa untuk melanjutkan ke SMK kompetensi keahlian perawat kesehatan dengan nilai β masing-masing 0,460; 0,360; 0,114, dan 0,101. Ketiga, terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara latar belakang ekonomi keluarga dan pengetahuan peluang kerja terhadap minat siswa untuk melanjutkan ke SMK kompetensi keahlian perawat kesehatan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.1950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats