PENGARUH LATAR BELAKANG KELUARGA, KEGIATAN PRAKTIK, DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA

Emilda Jusmin, SMK N 2 Simpang Empat Tanah Bumbu Kal Sel, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang keluarga, kegiatan praktik, dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Subjek penelitian adalah siswa SMKN di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Sampel 205 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proporsional Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert empat alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang signifikan variabel latar belakang keluarga terhadap kesiapan berwirausaha dengan kontribusi sebesar 19,3%. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan praktik di unit produksi sekolah terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK dengan kontribusi sebesar 21,7%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha dengan kontribusi sebesar 18,5%. Keempat, terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama latar belakang keluarga, kegiatan praktik di unit produksi sekolah, dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dengan kontibusi sebesar 34,7%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.1948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats