DEVELOPING COMIC-BASED STUDENT WORKSHEETS ON POSTER AND SLOGAN WRITING MATERIALS

Ninit Alfianika, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
Silvia Marni, STKIP PGRI Sumatera Barat

Abstract


This study was aimed at producing a valid, practical, and effective comic-based student worksheet for writing slogans and posters on Indonesian language learning. The development research was designed using a 4D model (define, design, develop, disseminate) and limited to the third stage. The subject of the study included experts in content validation, teachers in the practicality test and class VIII students as a trial of product use. The instruments used in data collection in this study were validation questionnaires, observation sheets, and performance tests. The data in the form of questionnaire validation, practicality, activity, and student learning outcomes then were processed quantitatively. The worksheet consists of 8 themes. The results show that the developed comic-based Indonesian worksheet for the material of writing slogans and posters is vaild, practical and effective to facilitate the development of activities and student learning achievement. This worksheet is able to be used as teaching materials to improve the quality of the process and results of learning Indonesian.

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KOMIK PADA MATERI MENULIS POSTER DAN SLOGAN 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis komik yang valid, praktis, dan efektif untuk materi menulis slogan dan poster pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan didesain dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate) dan dibatasi sampai pada tahap ketiga. Subjek penelitian mencakup ahli dalam validasi konten, guru dalam uji praktikabilitas dan siswa kelas VIII sebagai uji coba penggunaan produk. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validasi, lembar observasi, dan tes unjuk kerja. Data penelitian berupa skor angket validasi, praktikalitas, aktivitas, dan hasil belajar siswa dan diolah secara kuantitatif. LKS yang dihasilkan terdiri dari 8 tema Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa LKS bahasa Indonesia berbasis komik untuk materi manulis slogan dan poster yang dikembangkan sangat valid sangat praktis dan sangat efektif untuk memfasilitasi pengembangan aktivtas dan prestasi belajar siswa. LKS yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia.


Keywords


student worksheet, comic-based, writing material, poster and slogan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Iif Khoiru dan Sofan Amri.(2013). Strategi Pembelajaran Sekolah Berstandar Internasional dan Nasional. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Jabar. (2008). Evaluai Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisis Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Kurikulum Standar Isi.Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Penididikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Bandung: Alfabeta.

Harapan, Farida, dkk. (2012). Pengembangan Media Gambar Sebagai Alat Edukasi Antisipasi Diri Anak Terhadap Prilaku Kekerasan. Jurnal Kependidikan, 42 (1) 39-45. Dari: http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1938/1590.

Hasnun, Anwar. (2006). Pedoman Menulis Untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Mulyani, Siti, dkk. (2013). Pengembangan Model Bahan Ajar Berbasis Potensi Daerah untuk Pembelajaran Bahasa Jawa. Jurnal Kependidikan, 43 (1) 51-60. Dari: http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2254/1862.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi, Dkk. (2007). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga

Pardjimin. (2005). Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Yudhistira.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sadiman, S. Arif, dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugono, Dendi. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suyanto. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yoyakarta: Andi.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Upton, Penney. (2013). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Yuliansyah, Hendy. (2009). Belajar Membuat Iklan Sukses (Contoh Sketsa Ide dan

Iklan). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuriani, dkk. (2012). Pengembangan Modul Pembelajaran Kursus Kewirausahaan MelaluiKerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jurnal Kependidikan, 42 (1) 46-53. Dari: http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1943/1595.

Zainuddin, dkk. (2012). Pengembangan Modul Fisika Bumi-Antariksa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Fkip Unlam. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), Jilid. 27, No. 1, (http://ejournal.unlam.ac.id/index.php/vidya_karya/article/view/342, diakses12 Februari 2016).




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.13163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats