DEVELOPING AN ENTREPRENEURSHIP-LOADED PRODUCTIVE LEARNING MODEL

Amat Jaedun, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil, FT, UNY
V. Lilik Hariyanto, FT UNY, Indonesia
Nuryadin Eko Raharjo, FT UNY, Indonesia

Abstract


This study was aimed at obtaining a pratical and effective Entrepreneurship-Loaded Productive Learning model (ELPL model) for graduates of the building construction department of the vocational schools to become entrepreneurs of their expertises as technopreneurs. The study was research and development, focused on developing ELPL model. It was done through the following phases: review of the existing models, needs assessment for model development; third, evaluation of model implementability, revision of the ELPL draft, and limited try-out of the ELPL model in Grade XII of the Wood Construction of Vocational School 2, Pengasih, Kulon Progo. Findings show that the ELPL model is implementable for learning, practical, and effective to develop the entrepreneurship skills of the XII grade students in the Wood Construction Subjects at SMK 2 Pengasih, related to their expertise as technopreneurs. PPBK model is feasible to use in teaching and learning process

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRODUKTIF
BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kemampuan produktif bermuatan kewirausahaan (model PPBK) yang efektif dalam membekali lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan untuk menjadi wirausahawan sesuai dengan bidang keahliannya sebagai technopreneur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian berorientasi pada pengembangan produk yaitu model PPBK. Penelitian dilakukan melalui lima tahapan yaitu: kajian model pembelajaran kemampuan produktif yang telah dilaksanakan, asesmen kebutuhan pengembangan model, penilaian keterlaksanaan model, revisi draf model PPBK, dan uji coba model PPBK. Uji coba model dilakukan  secara terbatas pada Kelas XII Paket Keahlian Teknik Konstruksi Kayu di SMK Negeri 2 Pengasih, Kulon Progo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PPBK yang dikembangkan terbukti dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Model PPBK praktis dan efektif untuk memberikan bekal kemampuan berwirausaha bagi siswa SMK Kelas XII Paket Keahlian Teknik Konstruksi Kayu di SMK Negeri 2 Pengasih sesuai dengan bidang keahliannya sebagai technopreneur. Perangkat pembelajaran PPBK yang dikembangkan layak diimplementasikan


Keywords


Pembelajaran, Produktif, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Coulter, M. (2001). Entrepreneurship in action. 2nd Edition. New Jersey: Printeci-Hall, Inc.

Depdiknas. (2009). Kurikulum berbasis kewirausahaan. Diakses tanggal 11 Oktober 2010, dari http://jurnal-nasional.com/ show/newspaper/03/11/20-09-07:24 WIB/

Emilda Jusmin (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik, dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa. Jurnal Kependidikan, Volume 42, Nomor 2, November 2012, halaman 144 – 151.

Frinces, Z.H. (2011). Be An Entrepreneur (Jadilah Seorang Wirausaha). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Heinonen, J. & Poikijoki, S.A. (2006). An entrepreneurial directed approach to entrepreneurship education: Mission imposible?. The Journal of Management Development, Vol. 25 (1) 80 – 94.

Hytti, U., & O’Gorman. (2004). What is enterprise education? An analysis of the objectives and methods of enterprise education programmes in four European countries. Education & training. Vol. 6 (1), 11 – 23.

Lambing, P., & Kuehl, C.R. (2000). Entrepreneurship. Upper Saddle River: Prentice Hall.

Rhenald Khasali. (2010). Wirausaha mandiri, menggiat jiwa entrepreneur dari kampus. Diambil pada tanggal 19 November 2010, dari http://spirit-bisnis.com/news/2010/06/wirausaha-mandiri-menggiat-jiwa entrepreneur-dari-kampus/

Suyanto. (2009). Pembangunan pendidikan SMK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Yuriani, Marwanti, Kokom K., Prihastuti E., dan Endra S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Kursus Kewirausahaan Melalui Kerjasama Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jurnal Kependidikan, Volume 42, Nomor 1, Mei 2012, Halaman 46 - 53




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.10520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats