PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 KLATEN DAN MTS. WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Agus Sudarsono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sudrajat Sudrajat, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Satriyo Wibowo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi kepala sekolah, ustadz, guru, dan pengasuh tentang pendidikan karakter; 2) implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Klaten dan MTs. Wahid Hasyim; 3) kebijakan sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Klaten dan MTs. Wahid Hasyim; 4) peran serta warga sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Klaten dan MTs. Wahid Hasyim. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis intraktif model Miles dan Huberman yang meliputi kegiatan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepala sekolah, guru, ustadz mempunyai persepsi yang memadai tentang pendidikan karakter. 2) implementasi pendidikan karakter di MTs. Wahid Hasyim mengacu pada nilai-nilai religious dengan mengintegrasikan inkulkasi nilai dalam seluruh aktivitas santri baik di dalam pembelajaran, ekstra kurikuler, kegiatan belajar, mengaji, makan, istirahat, dan lainlain; 3) program pendidikan karakter telah dirancang oleh wakil kepala bidang kurikulum dan pengajaran, sedangkan di MTs. Wahid Hasyim dirancang oleh kepala madrasah.; 4) peran serta warga sekolah baik guru/ustadz, pembimbing, karyawan, dan masyarakat sekitar mempunyai peran yang signifikan.

Keywords


Pendidikan karakter, Mts Wahid Hasyim, Pesantren

Full Text:

PDF

References


Ali Muhtadi. (2006). Penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1, 50-61.

Anwar Sutoyo. (2009). Pemahaman individu: Observasi, checklist, kuesioner & sosiometri. Semarang: CV Widya Karya.

Barry, V. (1985). Applying ethics: A text with readings. California: Wadworth Publishing Company.

Darmiyati Zuchdi. (2008). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara 21.

Fatchul Mu’in, (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kaswardi, EM. K., ed. (1993). Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta: Grasindo.

Kirschenbaum, H. (1995). 100 Ways to Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. Boston: Allyn and Bacon.

Krathwohl, David R., Bloom, Benjamin S., & Masia Bertram B. (1964). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals Handbook II: Affective Domain. London: Longman Group Ltd.

Kurotul Aeni & Sudaryanto. (2005). Proses Pendidikan Budi Pekerti di Taman Muda Majelis Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, Jurnal Penelitian dan Evaluasi, 7, 23-39. Kusnaedi. (2013). Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter. Bekasi: Duta Media Tama.

Lickona, T. (1991). Education for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, Matthew B., & Huberman, A. Michael. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publication.

Moleong J. Lexy. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santo J.D. & Cremers, A. (eds). (1995). Tahap Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg. Yogyakarta: Kanisius.

Sudrajat. 2014. Pendidikan multikultur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, JIPSINDO, 1(1), 1-19. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.