Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram

M. Gebryna Rizki Nantana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Agung Wiradimadja, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dari sebuah kegiatan belajar. Media pembelajaran merupakan sarana dalam mempermudah peserta didik memperoleh hasil belajar dan tujuan pembelajaran secara optimal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) mengembangkan produk podcast pembelajaran IPS berbasis instagram, (2) menguji kelayakan dari pengembangan media pembelajaran tersebut berdasarkan materi, media, bahasa, serta respon calon pengguna.  Proses pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan model Borg & Gall, 1989. Proses uji coba produk dilakukan di kelas 7 MTs Negeri 1 Kediri. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan persentase nilai sebesar 84% untuk validasi materi, 83,7% untuk validasi media, dan 95% untuk validasi bahasa. Sedangkan hasil uji coba terhadap pengguna atau peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 85%. Berdasarkan rata-rata tersebut dapat dinyatakan bahwa produk podcast pembelajaran IPS berbasis instagram “sangat layak” dijadikan media pembelajaran IPS

The 21st-century learning innovation through the development of Instagram-based IPS learning podcast media

Learning media is one of the main components of a learning activity. Learning media is a means to make it easier for students to obtain learning outcomes and learning objectives optimally. The purpose of this research is; (1) develop the Instagram-Based IPS Learning podcast product, (2) to test the feasibility of developing these learning media based on material, media, language, and the responses of prospective users. The product development process in this study used the R&D (Research and Development) approach with the Borg & Gall, 1989 model. The product trial process was carried out in class 7 of MTs Negeri 1 Kediri. The validation results from the experts showed a percentage of 84% for material validation, 83.7% for media validation, and 95% for language validation. While the results of trials on users or students obtain an average of 85%. Based on these averages, it can be stated that Instagram-based social studies learning podcast products are "very feasible" to be social studies learning media


Keywords


Inovasi pembelajaran; pembelajaran abad 21; media podcast instagram

Full Text:

PDF

References


Albar, B. B., & Sari, I. M. (2021). Learning technology development through podcasts for auditory learning styles. Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Development and Quality Assurance (ICED-QA 2020), 170–174. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210202.030

Ariyana, Y. (2018, Juni 28). Tpack Framework. BLOG | PPPPTK IPA. https://p4tkipa.kemdikbud.go.id/blog/index.php/2018/06/28/tpack-framework/

Astuti, V. (2021). Pembelajaran berdiferensiasi dan penerapannya di kelas. Guru Berbagi. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-berdiferensiasi-dan-penerapannya-di-kelas/

BNSP. (2010). 2010 – BSNP. https://bsnp-indonesia.org/2010/

Dale, E. (1969). Audiovisual methods in teaching (3. ed). Dryden Press.

Dewanti, S. R., & Sujarwo, S. (2021). Development of Instagram and YouTube content videos’ for online learning. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), Art. 2. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.40253

Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan bahan ajar digital berbasis stem dengan pendekatan eco-spatial behavior materi kependudukan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 93–103. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.11960

Diana, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran podcast smamita bercakap dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Muhamamdiyah 1 Taman. 2, 8.

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.24198/jkj.v1i1.10562

Fitriyani, F., Pujiastuti, I., & Elfitra, L. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran instagram pada kemahiran menulis cerita pendek siswa kelas xi sekolah menengah atas negeri 1 kota tanjungpinang tahun pelajaran 2019/2020. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:liseGG7yMpQJ:https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jermal/article/download/2106/904/+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.85

Iqlima, I. (2017). Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V di MI Ma’arif Nu 1 Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas [Skripsi, IAIN]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2150/

Jamaludin, Z. Z., & Saputra, E. R. (2021). Pengembangan Podcast dengan Model Addie pada Materi Cerita Rakyat Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.3887

Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), Art. 4. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896

Laila, N., Hariyono, H., & Sumarmi, S. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 123–129. https://doi.org/10.17977/um022v1i22016p123

Liow, A. A., Suhada, S., & Pakaya, N. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Konten Media Pembelajaran Microblog alam Jaringan Pada Mata Kuliah Teknologi Multimedia. Inverted: Journal of Information Technology Education, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.37905/inverted.v1i2.13338

Lundström, M., & Lundström, T. P. (2021). Podcast ethnography. International Journal of Social Research Methodology, 24(3), 289–299. https://doi.org/10.1080/13645579.2020.1778221

Martins, J. D. P. N., Galhardo, C. X., Silva, E. R. da, & Santos, V. M. L. dos. (2020). Podcast Como Inovação Nas Práticas Pedagógicas. Journal on Innovation and Sustainability RISUS, 11(2), 100–112. https://doi.org/10.23925/2179-3565.2020v11i1p100-112

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720

Muhlisin, A. (2012). Pengembangan media modul pada mata pelajaran menggunakan mesin untuk operasi dasar Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/19885/1/ARIF%20MUHLISIN%2010503245005.pdf

Mutiani, M. (2019). Social Capital dan Tantangan Abad 21: Kontrubusi pendidikan ips dan eksplorasi nilai sosial melalui biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Art. 1. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/12386

Nabila, A., Wahyuningtyas, N., & Wiradimadja, A. (2021). Pengembangan aplikasi “CPA” (Covid-19 prevention application) sebagai literasi mitigasi bencana covid-19 bagi siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(2), Art. 2. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i2.16761

Novianti, E. W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram pada pokok bahasan grafik fungsi untuk siswa SMA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), Art. 3. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8820

Nurdiana, U. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) melalui Jejaring Media Sosial Facebook dan Google Drive. 20.

Pramitasari, A. (2018). Model pembelajaran menulis wacana persuasif dengan media situs jejaring sosial instagram pada mahasiswa Universitas Pekalongan. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI), 471–476. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/116

Pratiwi, F., Firmansyah, B., & Wulandari, B. (2021). Penggunaan Media Podcast dalam Pembelajaran di Era Digital. https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/download/228/53

Rachmawati, F., Muhajarah, K., & Kamaliah, N. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 38. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3750

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), Art. 2. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179

Riwayati, S., Relawati, R., & Utami, I. (2022). Pengembangan lks untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), Art. 2. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/7722

Rosmiati, N. S., Yuliani, A., Nur’Aini, A. S., Fauzi, H. Z. N., & Nugraha, D. (2022). Media Pembelajaran Podcast pada Mata Pelajaran IPS Memaknai Kemerdekaan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), Art. 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2945

Said, A. A. (2016). Desain Multimedia Pembelajaran. 239. http://eprints.unm.ac.id/4156/

Suarsini, N., Wesnawa, I., & Kertih, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial instagram untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 10.

Syahputra, W. F., & Novrianti, N. (2022). Pengembangan podcast sebagai media pembelajaran siswa sma pada pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Literasi Digital, 2(1), Art. 1. https://pusdig.my.id/literasi/article/view/113

Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran ips kelas v di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 294. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10236

Veygid, A., Aziz, S. M., & S.r, W. S. (2020). Analisis fitur dalam aplikasi instagram sebagai media pembelajaran online mata pelajaran biologi untuk siswa sekolah menengah atas. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.5

Wijayanto, P. S., Setiawan, W., & Firmansyah, A. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media youtube (podcast) dengan metode pembelajaran pendidikan jarak jauh pada materi komputer dan jaringan dasar di SMKN 3 Bandung. Jurnal Guru Komputer, 1(1), 13.

Wiradimadja, A. (2021). Buku Konsep Dasar IPS dengan Pendekatan CLIL. Jagat Litera.

Zellatifanny, C. M. (2020). Trends in disseminating audio on-demand content through podcast: an opportunity and challenge in Indonesia. Journal Pekommas, 5(2), 117. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050202




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.