Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS

Ali Imron, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Dewa Akbar Pamungkas, Universitas Negeri Surabaya
Muhammad Ilyas Marzuqi, Universitas Negeri Surabaya
Dian Ayu Larasati, Universitas Negeri Surabaya

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran WordWall terhadap motivasi belajar IPS. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 7 SMP 58 Surabaya sebanyak 314 orang, dengan besaran sampel 40 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik dianalisis data menggunakan uji normalistas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2 tailed) 0,00 < 0,05, artinya terdapat perbedaan nilai antara pretest dan posttest akibat pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS.

The effect of using Word Wall learning media on social studies learning motivation

The research aims to determine the effect of WordWall learning media on social studies learning motivation. The study used an experimental method with the One-Group Pretest-Posttest Design model. The study population was 314 grade 7 students of SMP 58 Surabaya, with a sample size of 40 students. Samples were taken using a simple random sampling technique. Data collection techniques using tests. Techniques for analyzing data using the normality test, homogeneity test, and t-test. The results showed that the value of Sig. (2-tailed) 0.00 <0.05, meaning that there is a difference in scores between the pretest and posttest due to the influence of the use of Wordwall learning media on social studies learning motivation.



Keywords


wordwall; motivation; social sciences

Full Text:

PDF

References


Adhetya, I. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140. DOI: 10.37542/iq.v3i01.57.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(2), 98-107. DOI: 10.21831/jpai.v16i1.20173.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan maslow, teori dua faktor herzberg, teori x y mc gregor, dan teori motivasi prestasi mc clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Management, 1(1), 45-54. DOI: 10.30996/jmm17.v2i01.422.

Hayati, N. (2020). Metode pembelajaran daring/e-learning yang efektif. Ganeshsa University of Education, 1(1), 1-10. DOI: 10.23887/jpiundiksha.v11i3.51513.

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., dan Naila, I. (2022). Penggunaan aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43. DOI: 10.23887/jurnal_tp.v12i1.791.

Nasiwan, Sudrajat, & Wijayanti, A., T. (2017). Profesionalisme guru IPS SMP Kabupaten Sleman Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 4(2), 129-149. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i2.17572

Palittin, I. D. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109. DOI: 10.31942/mgs.

Prasetya, S. P. (2014). Media pembelajaran Geografi. Ombak.

Qotrunnada, S. (2016). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas vii smp plus yayasan pesantren darusalam banyuwangi. Jurnal Psikologi Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, 1(1), 1-11. DOI: 10.18860/psi.v0i0363.

Rahmatullah, M. (2011). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar, 11(1), 178-186. DOI: 10.33394/jtp.v5i1.2854.

Ridho, M. (2020). Teori motivasi mcclelland dan implikasinya dalam pembelajaran PAI. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1-16. DOI: 10.36088/palapa.v8i1.673.

Sari, M. K. (2014). Pengaruh media peta interaktif terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas iv sd. Premier Education, 2(2), 56-78. DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v4i01.307.

Sudarsono, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran game interaktif berbasis aplikasi webwordwall pada pelajaran matematika materi bilangan ganjil genap. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 1-10.

Sudrajat. (2020). Revitalisasi nilai-nilai budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya, Jurnal Pendidikan: Teori dan Praktik, 5(1), 71-81. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v5n1.p%25p

Sugiyono (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method. Alfabeta.

Sukardi, T. (2019). Revalitas Pendidikan IPS di Indonesia. Pustaka Belajar.

Sukirno, S. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran IPS dengan tema pemanfaatan dan pelestarian sungai untuk siswa kelas 7 SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 115-125. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7663.

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning. Pustaka Belajar.

Surhani & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling , 5(2), 131-145.

Susarno, R. L. (2017). Teori dan Praktek Pendidikan. FIP Unesa.

Taufik, A. (2020). Perancangan mobile learning untuk meningkatkan dan menarik minat belajar ilmu nahwu berbasis android. STMIK Amik Riau, 6(1), 28-36. DOI: https://doi.org/10.33372/stn.v6i1.

Wahyuningrum, R. T. dan Azizah, P. I. (2020). Optimalisasi pendidikan karakter di masa pandemi dalam membentuk generasi Z berkarakter menuju era society 5.0. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162-176. DOI: 10.21831/jipsindo.v7i2.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.