Pengembangan media audio-visual IPS

Siti Salamah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ayu Nabila Wiramanggala, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Alda Dwi Aprilianti, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Izmi Fadhila Tunissa, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dadan Nugraha, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Narawita 02 melalui media audio visual untuk meningkatkan mutu pendidikan, dengan memanfaatkan teknologi yang dapat dijadikan sebagai fasilitas alternatif untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik seperti visualisasi materi ajar sehingga lebih interaktif bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Narawita 02 dengan jumlah peserta didik 15. Instrumen penelitian menggunakan angket skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media audio visual ini mampu menunjang ketercapaian motivasi peserta didik dalam menerapkan kegiatan pembelajaran IPS di kelas IV yang dibuktikan dari hasil presentase uji validasi dosen dengan rata-rata perolehan presentase skor sebesar 88,6% dengan kriteria “sangat baik”dan diperkuat dari hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran audio visual diperoleh skor presentase dengan rata rata skor 98%. Hal ini membuktikan bahwa pengembangan audio visual ini telah memenuhi salah satu indikator kriteria keberhasilan, yaitu hasil respon peserta didik yang masuk kedalam interpretasi “sangat baik”.

The development of audio-visual medium in Social Studies

The purpose of this study is to increase students learning motivation in social studies learning in Class IV SDN Narawita 02 through audio-visual media to improve the quality of education by utilizing technology that can be used as an alternative facility to optimize learning activities to be more interesting such as visualization of teaching materials so that they are more interactive for students. Learners. The research method used is Research and Development (R&D). The research subjects were fourth grade students at SDN Narawita 02 with 15 students. The research instrument used a Likert scale questionnaire. The results showed that the development audio-visual media was able to support the achievement of student’s motivation in implementing social studies learning activities in class IV as evidenced by the results of the lecturer validation test percentage with an average score of 88,6% with the criteria “very good” and reinforced from the results of student responses to audio-visual learning media obtained a percentage score with an average score of 98%. This proves that the development of this audio visual has met one of the indicators of the success criteria, namely the results of the student responses that are included in the “very good” interpretation.




Keywords


Media Pembelajaran, Audio visual, Pembelajaran IPS, Sumber Daya Alam

Full Text:

PDF

References


Adittia, A. (2017). Penggunaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227

Alverina, C., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis powtoon pada mata pelajaran IPS. School Education Journal, 9(3), 266–

https://doi.org/ttps://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.15785

Arsyad., Sulfemi, B, W. (2018). Metode role playing berbantu media audio visual pendidikan dalam meningkatkan belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41–46. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Buhari, B. (2011). Four-D Model (Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran dari Thiagarajan, dkk) « Bustang’s blog. Https://Bustangbuhari.Wordpress.Com/. https://bustangbuhari.wordpress.com/2011/08/25/four-d-model-model- pengembangan-perangkat-pembelajaran-dari-thiagarajan-dkk/

Fathonah, M. F., Wahyuningsih, S., & Syamsuddin, M. M. (2020). Efektivitas media audio visual terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 142. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.39789

Haryoko, S. (2009). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–10. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/704

Putri, Z. (2020). Survei Kemdikbud: siswa sulit pahami pelajaran saat belajar jarak jauh. https://news.detik.com/berita/d-5108510/survei-kemdikbud-siswa-sulit-pahami- pelajaran-saat-belajar-jarak-jauh

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sudrajat (2020), Pribumisasi ilmu-ilmu sosial dan pembaruan pembelajaran IPS Terpadu di sekolah, Jipsindo, 7(1), 66-85. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i1.30848

Supardi, S., Widiastuti, A., & Saliman, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Terpadu Berbasis Audiovisual. Jipsindo, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4521

Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar : Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun , Kutai Kartanegara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(1), 31–43. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.129705

Tarki. M, S. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar ips dengan menggunakan metode pembelajaran practice rehearsal pairs berbantu media audio visual pada peserta didik Kelas IV SDN-1 Kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016-2017. BITNET Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i1.523

Tunissa. F. I, et al. (2021). Media pembelajaran meneladani kepemimpinan Umar Bin Khattab di kelas 6 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 184–192. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Peningkatan motivasi belajar melalui media audiovisual berbantuan power point pada peserta didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1587–1593. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.627 ISSN




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.49251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.