Aktivitas belajar siswa penggemar K-pop: studi pada SMPN 7 Jakarta

Nur Holisah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Ade Ana Kartikasari, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa penggemar K-Pop pada siswa SMP Negeri 7 Jakarta. Metode penelitian menggunakan survey, dengan populasi siswa kelas 9 SMP Negeri 7 Jakarta angkatan tahun 2020/2021. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa SMP Negeri 7 Jakarta pada masa pandemi tetap berjalan baik. Pembelajaran daring dimana siswa tetap berada di rumah masing-masing memungkinkan mereka untuk menonton tayangan K-pop sambi belajar. Data menunjukkan bahwa siswa memiliki semangat yang tinggi selama pembelajaran online. Intensitas siswa dalam menonton tayangan K-pop selama masa pandemi tergolong tinggi dengan durasi sekitar 1-2 jam yaitu sebanyak 38%. Sedangkan frekuensi dalam menonton sekitar 1-3 kali dengan persentase sebesar 41%.

Learning activity of fans K-pop students: study in SMP Negeri 7 Jakarta

This study aims to determine the learning activities of K-Pop fan students at SMP Negeri 7 Jakarta. The research method uses a survey, with a population of grade 9 students of SMP Negeri 7 Jakarta batch 2020/2021. The research instrument used a questionnaire, while the data analysis technique used descriptive statistical analysis. The results showed that the learning activities of SMP Negeri 7 Jakarta students during the pandemic continued to run well. Online learning where students stay at home allows them to watch K-pop shows while studying. The data shows that students have high enthusiasm during online learning. The intensity of students in watching K-pop shows during the pandemic is relatively high with a duration of about 1-2 hours, which is as much as 38%. While the frequency of watching is around 1-3 times with a percentage of 41%.



Keywords


aktivitas belajar siswa, penggemar K-pop, SMP Negeri 7 Jakarta

Full Text:

PDF

References


Adnan, R. R., & Sufyan, A. M. (2018). Pengaruh intensitas mengakses youtube terhadap aktivitas belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University, Dialektika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1-14 Retrieve from http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/273/225

Anonim. (2020). Fenomena Korean Wave di Indonesia: Environmental Geography Student Association. Diambil dari https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di- indonesia/

Arifa, I, & Sudrajat. (2021). Hubungan antara tingkat pendidikan ibu dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa sekolah menengah pertama di Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jipsindo, 8(1), 1-14. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.39124

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Faisal, M. (2017). Fanatisme Fans K-Pop: Candu dan Bumbu Remaja. Diambil 12 Januari 2020, dari: https://kumparan.com/kumparank-pop/fanatisme-fans-k-pop-candu-dan-bumbu-remaja/full

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Ika. (2020). Membedah Tantangan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 | Universitas Gadjah Mada. Tersedia pada laman https://ugm.ac.id/id/berita/19552-membedah- tantangan-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19

Putri, O. F. (2019). Peran K-pop terhadap siswa masa kini dan dampaknya dalam kehidupan sehari- hari, Social Sciences, 6(1), 1-15.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi belajar mengajar. Raja Grafindo.

Sari, Y. P. (2014). Perilaku siswa penggemar tayangan korea di televisi pada siswa SMP Negeri Jogorogo Kabupaten Ngawi, Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pend. Sos Antro, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Sudrajat, Supardi & Milhani, Y. (2020). Humanistic learning of social studies at junior high school of Budi Mulia 2 Yogyakarta Indonesia, International Journal of Education, 12(1), 46-58. DOI: https://doi.org/10.5296/ije.v12i1.16066

Syah, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya

Zaini, H. (2010). Strategi pembelajaran aktif. CTSD




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.47507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.