Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media rekaman suara

Umi Fathonah Rubiyatin, Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosari, Indonesia

Abstract


Hasil belajar merupakan aspek yang sangat penting karena menjadi muara dari kegiatan pembelajaran. Hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi yang masih rendah di MAN 1 Gunung Kidul perlu ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memberikan treatment berupa penggunaan media. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar melalui media rekaman suara. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X jurusan IPS 2 sebanyak 20 siswa MAN 1 Gunung Kidul. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar menggunakan media rekaman suara dapat meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan rerata kelas di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penggunaan media rekaman suara juga meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menyimak (listening) rekaman suara. 

The improvement of student learning outcomes through sound recording media

Learning outcomes are crucial because they become the estuary of learning activities. The learning outcomes of the Economics Subject, which are still low at MAN 1 Gunung Kidul need to be improved in various ways. One way is to provide treatment in the form of the use of mediaThe research aims to determine efforts to increase learning outcomes through sound recording media. The research subjects consisted of 20 students of class X majoring in Social Studies 2, as many as 20 of MAN 1 Gunung Kidul. The study used the Kemmis & Taggart class action research method, which was carried out in two cycles. Data collection methods used include interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is the qualitative data analysis technique of the Miles & Huberman model. The study results in a show that applying learning strategies using sound recording media can improve learning outcomes, as indicated by an increase in the class average above the Minimum Mastery Criteria (KKM). Using sound recording media also increases students' competence in listening to sound recordings.



Keywords


Strategi belajar, Media Rekaman Suara, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abrar, A. I. P., & Amalia, M. U. (2017). Aplikasi strategi kognitif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran logaritma di Kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 5 SMA Negeri 2 Palopo. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(1), 45–67.

Aisyah, N., & Sudrajat, S. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran oleh guru IPS SMP di Kota Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 6(2), 146-163. doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28401

Arsyad (2009). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada

Djamarah, S., B. & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Ermi, N. (2019). Penggunaan media lembar kerja siswa (LKS) dalam meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas xi SMAN 15 Pekanbaru, Jurnal Pendidikan, 8(2), 37-45

Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Hastuti & Sudrajat, (2022). Gender Gap in Education and Employment in Asia: Indonesia and South Korea Compared. Proceeding of International Conference of Social Science and Education (ICOSSED 2021), 116-121. DOI: 10.2991/978-2-494069-55-8_16

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1988). The action research planner, 3rd ed. Deakin University Press.

Kusuma, A. A., (2013). Pengaruh pemberian tugas: metode pembelajaran dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa SMAN Sapuran Wonosobo. Oikonomia, 2, (3), 219-224.

Magdalena, B., & Purwoko, Y. (2018). Pengaruh memory training dengan aplikasi memorado terhadap memori jangka pendek diukur dengan scenert picture memory test. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 7(2), 863–874.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. (Feb. 2016), 672-688.

Nurkamilah, S.; Putri, D. I., & Muthmainnah, R. I. (2020). Pemanfaatan teknologi pendidikan kawasan pengembangan dalam membuat media pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 339–347.

Pupuh, F. & Sobry M.S. (2010). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep Islami. Refika Aditama.

Ramli, M. (2015). Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 133–134.

Sardiman, A.M. (2009). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sudrajat. (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8,(2),150-164, doi:https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702.

Sugiyono. (2006). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Ar Ruzz Media.

Susilawati, S., & Saragih, A. H. (2014). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(1), 70–79.

Thobroni, M. (2016). Belajar dan pembelajaran teori dan praktek. Ar Ruzz Media.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.47154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.