PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERBASIS AUDIOVISUAL

Supardi Supardi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Anik Widiastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Saliman Saliman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS terpadu yang berorientasi pada produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Darul Hikmah Pakem Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner/angket. Data yang diperoleh dari angket yang berupa data kuantitatif diolah dengan teknik analisis data kuantitatif. Pengolahan data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media audio visual dalam pembelajaran IPS untuk siswa SMP kelas VII dengan tema “Antara Borobudur dan Prambanan” dinyatakan baik sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan penilaian isi dan aspek kebahasaan oleh ahli materi dengan rerata skor masingmasing 3,5 dan 3,5 pada kategori “baik”, aspek tampilan dan pemprograman oleh ahli media masing-masing memiliki rerata skor 3,40 dan 3,00 pada kategori “cukup”. Hasil uji keterbacaan siswa terhadap media audio visual mendapatkan respon positif dari siswa yang ditunjukkan dengan skor terendah 3,0 pada kategori “cukup” dan skor tertinggi 4,3 pada kategori “sangat baik”. 

Keywords


Pengembangan media, IPS Terpadu,

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Kamus Besar bahasa Indonesia. Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. (2005).Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hariyanto. (2012). Media Pembelajaran. http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/Diakses pada hari senin tanggal 8 april 2013 pukul 15.06 WIB

Mawardi. (2012). Jenis-jenis Media Pembelajaran. http://coretanpembelajaranku.blogspot.com/2012/10/jenis-jenis-media-pembelajaran.html. Diakses pada hari senin tanggal 8 april 2013 pukul 15.10WIB

Mery Maswarita. (2009). Pemanfaatan Media dan Jenis-JenisMedia. http://merymaswarita.wordpress.com/2009/11/06/pemanfaatan-media-dan-jenis-jenis-media/. Diakses hari senin tanggal 8 april 2013 pukul 15.18

Muhammad Numan Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rumampuk, Dientje Borman. (1988). Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.

Savage, Tom V., & Armstrong, David G. (1996). Effective Teaching in Elementary Social Studies(ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Sekar Purbarini Kawuryan. (Mei 2008). Pentingnya Pendidikan IPS di Sekolah Dasar sebagai Kerangka Dasar Nation and Character Building. Dinamika Pendidikan. Majalah Ilmu Pendidikan, 1, 21-33.

Sofyan, dkk. (2011).Pengembangan Media Audiovisual dalamPembelajaran Kreatif Menulis Puisi. Diakses dari Online journal.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/675 pada hari Kamis tanggal 11 April 2013 Pukul 09.23 WIB.Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpen FIP UP




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.