Sumber belajar IPS berbasis ethnopedadogy

Dwi Erna, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
Yusuf Falaq, Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan menyusun materi pembelajaran IPS berbasis ethnopedagogy dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa studi terhadap referensi dan hasil penelitian dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang lebih mengutamakan orientasi lingkungan sosial penting. Nilai-nilai kearifan lokal dapat dimanfaatkan untuk memperkaya materi sebagai pengembangan topik atau tema. Pengembangan pembelajaran IPS yang berbasis nilai kearifan lokal, diantaranya; 1) proses penentuan topik atau tema; 2) menetapkan judul dari tema; 3) pemilihan serta analisis komponen silabus; 4) menyusun rancangan pembelajaran tematik dengan memadukan beberapa tema materi berdasarkan kompetensi dasar yang relevan.

Social studies learning resources based on ethno-pedagogy

This study aims to describe the assemble of ethno-pedagogy-based social studies learning materials by integrating local wisdom values. The research method used is a literature study research method. The data collection technique used is a study of references and research results with the data analysis technique used, namely content analysis. The results show that learning that prioritizes social environment orientation is important. The values of local wisdom can be used to enrich the material as a topic or theme development. The development of social studies learning based on local wisdom values, including 1) the process of determining the topic or theme; 2) set the title of the theme; 3) selection and analysis of syllabus components; 4) develop thematic learning plans by combining several material themes based on relevant basic competencies.


Keywords


ethno-pedagogy, kearifan lokal, sumber belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Castle, L. (1982). Tingkah laku agama, politik, dan ekonomi di Jawa: Industri Rokok Kretek Kudus. Sinar Harapan.

Creswell, J.W. (2011). Education research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed). Pearson Education.

Gunawan, M. A. (2015). Statistik penelitian: Bidang pendidikan, psikologi dan sosial. Parama Publishing.

Hetarion, B. D. S., Yosina H., dan Makaruku, V. (2020). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal cuci negeri dalam pembelajaran IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1).

Ihsan, M. (2017). Gusjigang: Karakter kemandirian masyarakat kudus menghadapi industrialisasi. IQTISHADIA: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 10(2), 10-20.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Utama.

Laela, U. & Sudrajat (2020). The utilization of faced tradition in historical learning to plant religious values in students, International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019): Atlantis Press.

Marsh, H. & Martin, A. J. (2008). Academic buoyancy: towards an understanding of students' everyday academic resilience. Journal of School Psychology, 46(1).

Muhtarom, T., & Danuri. (2019). The urgency of interactive animated learning media development for facilitating literate skills for the students of primary school. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1254. Published under licence by IOP Publishing Ltd.

Mulyani, S. (2016). Peran Gusjigang dan penerapan akuntansi terhadap literasi keuangan pra-nikah. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 122(2), 1-18.

Mustaqim, M. & Bahruddin, A. (2015). Spirit Gusjigang Kudus dan tantangan globalisasi ekonomi. Jurnal Penelitian, 9 (1), 14-26.

Panen, P. & Sardiyo. (2005). Pembelajaran berbasis budaya: model inovasi pembelajaran dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jurnal Pendidikan, 6(2). 1-14.

Prasetyo, Z.K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 1.

Prayogi, Didit Satya., Sugeng Utaya, dan Sumarmi. (2019). Internalisasi kearifan lokal dalam pembelajaran melalui pengembangan multimedia interaktif muatan pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 10-23.

Rosidi, A. (2011). Kearifan lokal dalam persepektif Budaya Sunda. Kiblat Buku Utama.

Sapriya. (2015). Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.

Setiawan, I. & Sri Mulyati. (2020). Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 14-28.

Sudika, S. Y. (2013). Kearifan budaya lokal. Damar Ilmu.

Sudrajat & Wijayanti, A. T. (2018). Temple as learning mediums in social studies: the perspective of multicultural education, Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 3 (8), 1014-1019. DOI: https://doi10.21276/sjhss.2018.3.8.17

Sudrajat (2021). Potensi Candi Asu sebagai sumber belajar IPS di sekolah menengah pertama, Jipsindo, 8(1),150-164. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sudrajat, dkk. (2020). Pribumisasi ilmu-ilmu sosial dan pembaruan pembelajaran IPS terpadu di sekolah, Jipsindo, 7(1), 66-85. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i1.30848

Sudrajat. (2020). Revitalisasi nilai-nilai budaya Jawa pada sekolah berbasis budaya, Jurnal Pendidikan: Teori dan Praktik, 5(1), 61-75 DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v5n1

Sudrajat. 2011. Membentuk pribadi mulia melalui pendidikan nilai: studi di SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta, Informasi, 37(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.21831/informasi.v1i1.4459.

Suharso, P. (2018). Pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi materi pasar modal untuk siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12 (1).

Supardi. (2010). Dasar-dasar ilmu sosial. Ombak.

Supriatna, N. (2016). Local Wisdom in Constructing Student's Ecoliteracy Through Ethnopedagogy and Ecopedagogy. International Conference on Sociology Education (UPI ICSE).

Suriasumantri, J.S. (2003). Filsafat ilmu. Pustaka Sinar Harapan.

Suswandari, (2019). Ekstrapolasi paradigma pendidikan dan kearifan lokal dalam menyambut society 5.0. Seminar Nasional UHAMKA.

Tilaar, H. A. R. (1999). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani indonesia: strategi reformasi pendidikan nasional. Remaja Rosdakarya.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.43931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.