Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi

Toni Poerwanti, Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) upaya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar  peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (2) peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik MAN 3 Sleman dengan model Team Game Tournament tersebut. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman  berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dilakukan dengan melalui langkah-langkah: penyampaian kompetensi, pengajaran langsung, pembagian kelompok, game, tournament,  pemberian penghargaan. 2) Model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta idik sebesar 44,44% dan hasil belajar sebesar 8,12.

Implementation of cooperative learning model type team game tournament to increase activity and economic learning outcomes

This research objective was found: (1) improvement learning activity and outcome of high school students with Team Game Tournament model. (2) And increasing learning activity and learning outcomes of high school students MAN 3 Sleman. The research conducted by classroom action research. The subject of research consist of 27 student of class XII IPS 3 MAN 3 Sleman. Data collection technique using documentation, observation, interview, and test. The technique of data analysis was carried out by using qualitative  and comparative descriptive analysis.The result of this research showed that: (1) the Team Game Tournament cooperatif learning model was carried out with the following step: delivery of competence, direct method, group division, game, tournament, reward. 2) the Team Game Tournament learning model was able to increase learning activity 44,44% and studies learning outcomes 8,12.


Keywords


aktivitas belajar, hasil belajar, team game tournament

Full Text:

PDF PDF

References


Al Tabany, Trianto I.B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Kencana.

Asba. (2019). Penerapan model pembelajaran team game tournament (team s games tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SD Negeri 3 Dadakitan kabupaten Tolitoli. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 5, (1), 11-24.

Astrissi, D. O. S. A. G., Sukardjo, J. S., & Hastuti, B. (2014). Efektivitas model pembelajaran team s games tournament (team game tournament) disertai media teka teki silang terhadap prestasi belajar pada materi minyak bumi siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 22-27.

Agoes, D. (2013). Dasar-dasar pedagogi modern. PT Indeks.

Oemar, H. (2011). Proses belajar mengajar. PT. Bumi Aksara.

Hanifah, E., N. & Wulandari, T. (2018). Penggunaan metode card short untuk meningkatjkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka. JIPSINDO, 5, (1), 61-80. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v511.20184

Isjoni. (2012) Pembelajaran kooperatif: meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Pustaka Pelajar.

Jayanti NPR., Sulton S., Arafah H. (2020). Efektivitas model pembelajaran team game tournament siswa sekolah menengah atas pada materi sistem koordinasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3, (4).

Nursifa, A. (2018). Efektivitas model pembelajaran cooperative tipe team games tournament terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Di MIN 2 Bandar Lampung. Skripsi diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sarkadi. (2019). Tahapan penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Jakad Media Publishing.

Slavin, R, E. (2015). Cooperative learning: teori dan praktik(terjemahan Narulita Yusron). Nusa Media.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.

Suharsimi A, Suhardjono, Supardi. (2007). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Supardi, dkk. (2020). Humanistic learning of social studies at junior high scool of Budi Mulia 2 Yogyakarta, Indonesia. Internasional Jurnal of Education, 12 (1),46-55. https://doi:10.5296/iev12i1.16066

Suparmini, Sudrajat & Wibowo, S. (2015). Strategi cooperatife learning sebagai peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP. JIPSINDO, 2 (2), 120-142 https://doi.org/1021831/jipsindo.v212.7778




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.42855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.