IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR (SD PB SOEDIRMAN, SD N DUKUH 09 PAGI, SD N SUSUKAN 06)

Agustina Tri Wijayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Laely Armiyati, Universitas Prof. Dr. Hamka, Indonesia

Abstract


Pembelajaran IPS merupakan proses pembelajaran yang mempelajari manusia yang bertujuan untuk membuat siswa memiliki perilaku yang baik, keterampilan yang baik, sikap yang baik dan pengetahuan yang baik. Pendidikan karakter merupakan bagian dari studi ilmu sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pemahaman guru tentang pendidikan karakter, (2) untuk mengetahui kemampuan guru dari mengintegrasikan pendidikan karakter dalam rencana, tindakan dan evaluasi, (3) untuk mengetahui kesulitan guru untuk pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya adalah (1) guru memiliki pemahaman yang baik tentang pendidikan karakter, (2) guru terintegrasi pendidikan karakter dalam rencana, tindakan dan evaluasi, tapi itu tidak maksimal dalam tindakan dan evaluasi, (3) kesulitan guru adalah memunculkan nilai-nilai karakter dalam sosial studi pembelajaran, terutama dalam peroses pembelajaran.

Keywords


Pendidikan karakter, Pembelajaran IPS, belajar

Full Text:

PDF

References


Barth, J., L. (1990). Methods of instruction in social studies education. New York: University Press of America.

Zuhdi, D. (2008). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ellis. A.K. (1997). Teaching and learning elementary social studies. Boston: Allyn & bacon A Viacom Company.

Lickona, T. (1992). Educating for character, how our schools can teach respect. respect and responsibility. New York: Bantam Books.

National Council for Social Studies (NSCC). 15 Juli 2006. About NCSS. Diambil pada tanggal 10 Desember 2009, dari http://en.wikipedia.org/wiki/National_Council_for_the_Social_Studies/

Ryan, K., & Bohlin, K. E. (1999). Building character in schools: Practical ways to bring moral instruction to life. San Fransisco, CA: Jossey-Bass.

Sardjiyo. (2007). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suwaeman al Muchtar. (1991). Pengembangan kemampuan berpikir dan nilai dalam pendidikan IPS (Suatu Studi Budaya Pendidikan). Disertasi doktor, tidak diterbitkan.

Sutopo, HB. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Tadkiratun Musfiroh. (2008). Character building. Yogyakarta: Tiara Wacana




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.