PENERAPAN ALAT PEMBELAJARAN DEMONSTRATION OF EARTHQUAKE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MITIGASI MATERI LETAK GEOLOGIS INDONESIA

Asri Ratna Sari, SMP Negeri 2 Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menerapakan alat peraga pembelajaran “demonstration of earthquake” yang dapat meningkatkan literasi mitigasi melalui media sosial menggunakan software menemu baling, materi letak geologis Indonesia pada pembelajaran IPS SMP N 2 Banjarnegara. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, catatan harian dan dokumentasi. Hasil  yang dicapai pada pembelajaran  menggunakan alat pembelajaran peraga demonstration of earthquake di kelas VII E semester 1 SMP N 2 Banjarnegara tahun pelajaran 2017/2018 adalah sebagai berikut, berdasarkan  catatan harian peserta didik, dapat dipahami bahwa pada  pembelajaran yang telah lalu, untuk materi letak geologis Indonesia dimana  belum menggunanakan alat peraga demonstration of earthquake secara umum peserta didik menyatakan pemahaman  tentang materi letak geologis yang kurang tuntas. Peserta didik secara umum juga memandang alat peraga “demonstration of earthquake” dapat memperjelas pemahaman tentang materi letak geologis Indonesia. Lebih lanjut peserta didik  secara umum menilai pembelajaran menyenangkan, karena dapat memanfaatkan gawai meraka untuk pembelajaran. Untuk data nilai postes, menjunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini tampak pada  rerata mencapai 74,69. Rerata yang cukup baik karena sudah di atas KKM. Nilai tertinggi mencapai 86, walaupun  masih ada yang mendapatkan  56 dan merupakan nilai terendah. Sementara  jumlah peserta didik tuntas 82,67 %, sudah cukup baik karena mencapai lebih dari separuh jumlah peserta didik.

Keywords


Alat peraga, Demonstration of earthquake, Literasi bencana

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i2.22109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.