PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD

Winardi Winardi, SMA Negeri 4 Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD, khususnya kelas X MIPA-3 SMA Negeri 4 Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Bila dibandingkan dengan pembelajaran sebelum penelitian, hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar, pada siklus I dengan rata-rata nilai 81,01 terjadi kenaikan 9,70% dari rata-rata nilai prasiklus 73,88, kemudian hasil belajar sejarah siklus II dengan rata-rata nilai 84,70 terjadi kenaikan 4,50% dari rata-rata nilai siklus I 81,01. Simpulannya, pembelajaran kooperatif dengan model STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Pekalongan


Keywords


Student Teams Achievement Division, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Sejarah, SMA Negeri 4 Pekalongan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.