PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 3 KEBUMEN JAWA TENGAH

Fauzy Setyobudi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Saliman Saliman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup RI dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Implementasi program Adiwiyata di SMP Negeri 3 Kebumen merupakan tema yang menarik untuk diteliti guna memberikan gambaran yang kongkrit program pendidikan lingkungan hidup di sekolah. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah: kepala sekolah, guru, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, humas sekolah, karyawan sekolah dan peserta didik. Lokasi penelitian terletak di SMP Negeri 3 Kebumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan sudah terlaksana sesuai dengan panduan adiwiyata. Hal tersebut ditandai pada komponen kebijakan berwawasan lingkungan, sekolah merubah visi misi sekolah dan pada kebijakan anggaran, sekolah mengalokasikan dari dana Bantuan Operasional Sekolah. Komponen kurikulum berwawasan lingkungan, dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai peduli lingkungan ke dalam pembelajaran di setiap mata pelajaran. Komponen kegiatan lingkungan bersifat partisipasif dilaksanakan melalui kegiatan aksi lingkungan baik yang diselenggarakan pihak sekolah ataupun dari pihak luar.


Keywords


Pendidikan lingkungan hidup, Sekolah adiwiyata, SMP Negeri 3 Kebumen

Full Text:

PDF

References


Adam, A., & Fajarisma, B., (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri SDN Dinoyo Malang, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2, (2), 166-173.

Arianto, I., (1988). Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup untuk IKIP dan FKIP. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.

Ibrahim Bafadal. (2004). Menejemen perlengkapan sekolah: teori dan aplikasinya. Jakarta: Bhumi Aksara.

Masruri, MS. (2002). Pendidikan lingkungan hidup. Yogyakarta: Yogyakarta University Press.

Sudrajat & Satriyo Wibowo, 2016. (2016). Pemahaman menejemen bencana alam pada siswa sekolah menengah pertama, Jipsindo, 3(2), 168-189.

Suryosubroto, (1998). Humas dalam dunia pendidikan. Yogyakarta: Mitragama Widya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.