PEMAHAMAN MAHASISWA PESERTA PENGAJARAN MIKRO TERHADAP KURIKULUM 2013

Saliman Saliman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Supardi Supardi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Raras Gistha Rosardi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa peserta pengajaran mikro terhadap kurikulum 2013 di jurusan Pendidikan IPS dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan selama ini di jurusan Pendidikan IPS agar mahasiswa peserta pengajaran mikro mampu memahami kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Sampel yang diambil sebanyak 81 mahasiswa peserta pengajaran Microteaching. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan data persentase dan diagram untuk menunjukkan tingkat pemahaman sampel terhadap kurikulum 2013. Hasil penelitian diperoleh data bahwa mahasiswa yang memiliki tingkat pemahaman sangat tinggi sebesar 43,68%, tinggi sebesar 24,36%, sedang sebesar 0% dan rendah sebesar 0%. Kategori pemahaman sangat tinggi diperoleh sebanyak 43,68% mahasiswa, walaupun belum sampai 50% akan tetapi persentase ini dapat dikatakan sudah baik. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa pemahaman mahasiswa jurusan Pendidikan IPS terhadap kurikulum 2013 sangat didukung oleh mata kuliah yang mendukung terhadap kebijakan pendidikan, perangkat pembelajaran di sekolah, dan strategi pembelajaran di kelas. Pemahaman kurikulum 2013 diperlukan agar mahasiswa jurusan Pendidikan IPS siap untuk terjun di lapangan dalam kegiatan PPL (Praktek Pengajaran Lapangan).

Keywords


Pembelajaran mikro, Mahasiswa IPS, Kurikulum 2013, Perangkat pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Raka, dkk. (2011). Pendidikan karakter di sekolah. Jakarta: Kompas Gramedia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Bahan uji publik kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud

Riana Afifah. (2012). Kurikulum Baru Beri Kesempatan Bangun karakter Anak. Kompas Gramedia.

Suyanto (2013). Katup Pengaman Kurikulum 2013. Kompas Gramedia.

Tim Penyusun Panduan Pengajaran Mikro. (2009). Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UPPL UNY




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i1.14838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.