OPTIMALISASI HASIL BELAJAR IPS MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

Sukirno Sukirno, Universitas Negeri Yogyakarta
Daenuri Ridwan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui permainan tradisional engklek terhadap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi, dengan sampel sebanyak 58 siswa kelas III di SDI Al-Falah I pagi dan terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan yaitu tes pilihan ganda, observasi dan angket. Sebelum tes pilihan ganda digunakan, terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibitas soal. Melalui validitas 40 soal, diambil 20 soal yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis pretest menggunakan uji-t, diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”= 3,77 dan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™= 2,007. Berdasarkan kriteria pengujian, karena nilai π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan dalam pengujian hipotesis posttest dengan menggunakan uji-t diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 19,05 dan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 2,007. Berdasarkan kriteria pengujian π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode permainan tradisional engklek terhadap hasil belajar IPS. Jadi, proses pembelajaran dengan menggunakan metode permainan tradisional engklek mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPS.


Keywords


Metode pembelajaran, Permainan tradisional, Engklek, Hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i1.14835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN:Β 2355-0139Β (Print) |Β 2615-7594Β (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website:Β https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email:Β jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.