PENGARUH SIKAP RELATIF, KOMITMEN JANGKA PANJANG DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Mila Nur Amalia,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap relatif, komitmen jangka panjang, dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen penumpang Air Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif atau hubungan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif sikap relatif dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen penumpang Air Asia, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan tidak terdapat pengaruh positif komitmen jangka panjang terhadap loyalitas konsumen penumpang Air Asia, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,709 lebih besar dari 0,05 (0,709 > 0,05). Secara simultan, terdapat pengaruh positif sikap relatif, komitmen jangka panjang, dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen penumpang Air Asia, dibuktikan dengan nilai uji F sebesar 29,593 dengan signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05)


Keywords


Sikap Relatif; Komitmen Jangka Panjang; Persepsi Harga; Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1998). Models of human social behavior and their application to health psychology. Psychology and Health, 13(4), 735-739.

Assael, H., (1984). Consumer behavior and marketing action. Kent Pub. Co.

Becker, H. S. (1960). Notes on the concept of commitment. American journal of Sociology, 66(1), 32-40.

Dick S., dan Basu K. (1994). “Customer Loyalty: toward an integrated conceptual framework”. Journal of the Academy of Marketing Science, Vol.22, No7, pp 99-113

Dodds, William B., Kent B. Monroe, and Dhruv Grewal. "Effects of price, brand, and store information on buyers' product evaluations." Journal of marketing research (1991): 307-319.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Sutrisno. 1996. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi offset.

Hair, J.F.; Black, W.C. 2010. Multivariate Data Analysis: A Global

Perspective. (ed., vol 7) New Jersey : Pearson Education.

Hair, J.F., C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson, Ronald L.

Tatham (2006), Multivariate Data Analysis, Pearson International Edition, Prentice Hall: New Jersey.

Hawkins, D.I., Best, R.J. and Coney, K.A., 1995. Consumer behaviour. Tata McGrawhill, 2.

Heriyanti, Yuni, & Dharmmesta, B. S. (2014). Analisis Pengaruh Komitmen dan Kepuasan Pelanggan pada Loyalitas Konsumen Kartu Permata Hero di Hypermarket Giant Ekstra Harapan Indah Bekasi (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Hurlock, E.B. (1990). Developmental psy-chology: a lifespan approach. Boston: McGraw-Hill.

Hurriyati. 2005. Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Japarianto, Edwin. (2010). Sikap relatif dan komitmen jangka panjang konsumen dalam model loyalitas (Studi Kasus pada PT Garuda Citilink). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.5, No.1, hal.14-21.

Kurniawan, I., Santoso, S.B. and Dwiyanto, B.M., 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Produk Sakatonik Liver di Kota Semarang). Studi Manajemen Dan Organisasi, 4(2), pp.20-29.

Mardalis, A. (2006). Meraih loyalitas pelanggan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9 (2), 111-119.

Marshall, G.W. and Mowen, J.C., 1993. An experimental investigation of the outcome bias in salesperson performance evaluations. Journal of Personal Selling & Sales Management, 13(3), pp.31-47.

Moorman C; Zaltman, G; and Deshpande, R. (1992). Relationship between providers and user of Market Reseach: The Dinamic of Truth within and between Organization. Journal of Marketing Research, Vol.29 (August), pp.314-328.

Pepadri, I., 2002. Pricing is the Moment of Truth, All Marketing Comes to Focus in the Pricing Decision. Usahawan, 10, pp.16-21.

Phau, Ian; Teah, Min. (2009). Devil Wears (counterfeit) prada: a Study of Antecedent and outcome of attitudes towards counterfeit of huury brand. curtin University of Technology, Perth, Australia. Journal of consumer marketing. Pp.15-27

Reynold, K. E dan Arnold, M. J. (2000). Customer Loyalty to the Salesperson and the Store: EAir Asiaamining Relationship Customers in an Upscale Retail ConteAir Asiat. The Journal of Personal Selling and Sales Management, vol.20, No.2, pp.26-43

Sampson, Scott Wicaksono. (2016). Analisis Faktor Daya Tarik Maskapai Garuda Indonesia (Studi Kasus Rute Yogyakarta – Jakarta.

Santosa dan Ashari (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Schiffman, L.G., dan Kanuk, L.L. (2000). Consumer Behavior. Seventh Edition. New Jersey : Prentice Hall International.

Sekaran, U., dan Bougie, R (2010). Research Methods for Business (5th ed). West Sussex: John Wiley & Sons.

Septindo, J.K., 2013. Pengaruh Program Green Advertising Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi, pp.1-15.

Setiawan, M.B., 2007. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada PD BPR Bank Pasar Kendal). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 14(2).

Sugiyono. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.S

Suharsimi, Arikunto. 1998. ”Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiyo, Rahmat. 2015. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Konsumen Indomaret Babarsari Yogyakarta)." PhD diss., Fakultas Ekonomi..

Swastha–Irawan, B. (1990). Menejemen Pemasaran Modern.

Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (1997). Strategy Pemasaran. Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi offset.

Universitas Diponegoro.Kotler, Philip, and Gary Armstrong. (1996). "Dasar-dasar Pemasaran dan Prinsip-prinsip Pemasaran." Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Prentice Hall

Zaltman, G., & Wallendorf, M. (1979). Consumer behavior, basic findings and management implications. Wiley.

Zeithaml, Valarie A. (1988). "Consumer perceptions of price, quality, and value: a means-end model and synthesis of evidence." The Journal of marketing 2-22.

Zhang, Anming., Hanaoka, Shinya., Inamura, Hajime., dan Ishikura,

Tomoki. (2008). Low-cost carriers in Asia: Deregulation, regional liberalization and secondary airports. Journal of Transportation economics, vol.24, pp. 36-50.




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v15i1.25544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License